Barang yang Sudah Terlanjur Dibeli Tidak Bisa Ditukar Ataupun Dikembalikan

A Red Herring is a fallacy in which an irrelevant topic is presented in order to divert attention from the original issue. The basic idea is to “win” an argument by leading attention away from the argument and to another topic. This sort of “reasoning” has the following form:

1. Topic A is under discussion.
2. Topic B is introduced under the guise of being relevant to topic A (when topic B is actually not relevant to topic A).
3. Topic A is abandoned.

This sort of “reasoning” is fallacious because merely changing the topic of discussion hardly counts as an argument against a claim.

Pertama-tama, sebelum kita menginjak pada bahasan kita pada kesempatan kali ini, untuk menambah khazanah pengetahuan bagi para pembaca yang terhormat sekalian, berikut ta’umumkan kalo aku sekarang sedang berada di Jakarta. Dan, sebelum menambah kecurigaan bagi para pembaca yang terhormat – karena mungkin saja ada yang mbatin, “Ngapain Mas Joe ke Jakarta pas tanggal-tanggal segini? Jangan-jangan dia mau valentinan sama Ayu…” – langsung saja ta’sampekan kalo aku ke Jakarta demi menghadiri mantenannya Saber, dewa coding kebanggaan Ilmu Komputer Universitas Gadjah Mada pada umumnya, dan angkatan 2004 pada khususnya.

Jadi sekali lagi, cuma isu dan fitnah belakalah yang menyebutkan kalo aku ke Jakarta khusus buat valentinan berdua sama Ayu. Sungguh mati. Itu cuma gosip murahan. Percayalah, aku ke Jakarta niatnya cuma buat menghadiri pernikahannya Saber sahaja. Kalopun nantinya terpaksa ada jadwal nge-date sama Ayu beneran, pas hari Valentine, anggaplah itu cuma sebuah kebetulan belaka. Atau seenggaknya, anggaplah itu cuma resiko sampingan akibat kedatanganku ke ibukota Endonesa tercinta ini.

Nah, sekarang mari kita kembali pada topik bahasan utama pada kesempatan hari ini.

Tentu saja walopun aku ini sedang sibuk, aku selalu menyempatkan diri menengok akun-akun jejaring sosialku. Sapa tau aja ada salam dari penggemar yang perlu dibalas. Daripada aku nantinya dicap sebagai idola yang sombong, kan? Malah repot.

Dan kemarin-kemarin ini aku nemu fans page (FP) lucu di Fesbuk. Judulnya “Gerakan Koin untuk Artis Putri yang Ditukar” (aku juga heran, kok bisa ditukar ya? Padahal barang yang sudah dibeli kan nggak bisa ditukar ataupun dikembalikan ya?). Isi himbauan di FP-nya sebenernya sederhana: ngajak kita ngumpulin recehan buat disumbangin ke artis-artis yang terlibat di sinetron “Putri yang Ditukar (PYD)” supaya mereka nggak usah ngelanjutin nyari duit dengan berakting bodoh di cerita yang (juga) bodoh tentang kehidupan (lagi-lagi) bodoh orang-orang (sialan! Masih aja) bodoh yang ada di situ.

putri yang ditukar sama beras ketan

Bagus, pikirku. Ditambah beberapa kenalanku semacam Adhi Pras, Alter Daya Ulya, Choro Tweener, Eko Marssetiawan, Faridz ????? ??????????, Herman Saksono, Ira Hairida, JenSen Yermi, Ocha Milan, Rahmad Hidayat, Rudy Gunawan, Siwi Alpharian, sampai Yeni Setiawan ikutan gabung di FP itu, akunya juga jadi latah ikut-ikutan gabung juga.

Pada dasarnya aku ini memang jarang nonton tipi apalagi nyetel tipi buat nonton sinetron. Yang sering kulakukan adalah nyetel Media Player Classic buat nonton serial yang ditayangin, misalnya, sama BBC. Nonton sinetron itu buatku sama halnya dengan memubazirkan waktu. Selain karena ceritanya yang memang nggak logis bin nggak bermutu, kualitas akting yang alakadarnya saja dari para pemerannya, juga pengambilan gambar yang cuma orang (maaf) buta saja yang berani menyamakannya dengan hasil karyanya Quentin Tarantino, seandainya waktu yang kepake buat nonton sinetron itu kita pake buat mbaca National Geographic – atau minimalnya Intisari-lah – pastilah wawasan kita akan bertambah luas.

Lanjutannya, aku justru kaget ketika aku sudah bergabung di FP tersebut dan mendapati kalo PYD ini ditayangin tiap harinya selama 3 jam. Iya, sekali lagi, 3 jam! Bener-bener diamput, kan? Karenanya aku setuju sekali kalo kita bersama ngumpulin koin buat dipake mengganti pendapatan yang diperoleh pemeran-pemeran sinetron tersebut. Yang penting mereka mau meninggalkan pekerjaannya itu! Kalo mereka protes gara-gara takut nggak bisa makan kalo mata pencahariannya dikudeta, ya koin dari kita itulah penggantinya :)

Aku nggak tau siapa penggagas FP ini. Sampe sekarang aku juga belum punya bayangan siapa penggagasnya. Yang aku tau, aku setuju sama isi sindiran yang ditawarkan di FP ini. Dan karena (mungkin) member yang join di situ juga sama-sama nggak tau kayak aku, beberapa yang ta’curigai menyukai teori konstipasi, aeh, konspirasi mulai menulis:

Kalau gw bilang sih, ini yg bikin
grup iri ama sinetron Putri yg ditukar
karena rating sllu tinggi, jgn2 yg bwt
Grup ini adalah dari sinetron lain,
supaya menjatuhkan PYD,
Biar rating sinetronnya melambung,

sapa yg bikin fp neh???bnr2 gaje.sirik yach krn rating PYD slalu no.1 & snetrn fav klian klh rating dr PYD????..yaiyalah scara PYD mank sinetron berkualitas..

Tidak lupa juga pisuhan tolol khas bangsa Endonesa (kata “tolol” di sini, sih, cuma generalisasi sengaja. Jangan terlalu dimasukkan hati :P ):

Ygggg bwttttt gruppp ini..
Adalah anakkkk anjing kontol
babi, smuaaaaa sama muuuuu!!!

Hebat! :twisted:

Dan tersangka pelaku konspirasinya adalah…

SEKILAS INFO:

Ternyata pembuat grup Ini adalah,
Pencinta berat MD intertainment,
khususnya Cinta Fitri, dia membuat
…grup ini, krna iri akan kesuksesan
sinetron PYD, sedangkan sinetron
Cinta Fitri rating jeblok bgt;.
Jdi bisa dipastikan grup ini tdk
netral, hanya ingin menjatuhkan PYD,
Info ini didpt dr sumber yg terpercaya,

sekian sekilas info!!

yg bwt grup ini pasti antek-anteknya MD dan indosiar yg kalah saing!! MUNAFIK LOE!
PYD is the best series

PYD emang ceritanya penuh kekerasan,, tapi CF juga sama aja kali,, CF isinya pembunuhan, perselingkuhan, perebutan harta, penculikan.. miskanya aja bisa ngelabuin polisi berkali-kali, farrel cs takut sama miska, itu yg bikin gue beralih ke PYD, dulu gw sih masih nonton CF tapi sekarang gak

apaaan tuh CF,, wisnu shireen aja klo main sinet lain, sinetnya gak laku,, CF aja mulai gak laku.. hahahahahahahaha.. makanya yg bikin page ini plus antek2nya sirik karena CF gak pernah juara rating

PYD selalu jadi jawara rating, makanya MD lovers sirik (khususnya CF lovers), makanya deh bikin page ini.. huahahahahaahahhaha… kasihan yah,, apa sih yg bisa dibanggain dari CF,, masuk MURI, menang PGA.. huahahahahahah… preeeet,, CF sih masuk PGA masuk MURI tapi isinya preeeet,, gak mendidik,, so jgn komentarin PYD gak mendidik dong, sinet kalian juga gak mendidik tuh

PYD masih mending, tokoh yg jahat sebagian udah dapat balasannya lah miska, gak pernah dapat balasan, dasar CF.. cuiiiiiih,, gak sudi nonton CF…

eh, ada yg kelupaan yaaa,, CF selain isinya perselingkuhan, perebutan harta, penculikan, pembunuhan, juga kumpul kebo,, masa’ farel yg bukan suami miska bisa tidur satu ranjang sama miska dan parahnya lagi si fitri diam aja lagi lakinya satu kamar ama miska.. ckckckckckckc.. sinetron gila tuh CF..

CF lebih gak mendidik daripada PYD,, PYD masih mending, CF,, hoeeeeeeeeeek,, mau muntah lihatnya…

yg buat akun ini pasti ngiri ama kesuksesan PYD…kasihan dech loe….jgn dihapus klu jantan…

Aku nggak tau apa konspirasi macam di atas itu bener atau nggak. Yang jelas, sih, mau PYD atau CF, aku sama-sama nggak suka. Sama-sama tai babi! Eh lha… Kok aku ikut-ikutan misuh juga ya? :mrgreen:

Tapi ya itu… Red herring mulai bertebaran. Alih-alih mengkritisi karya sineas Endonesa yang memprihatinkan ini, beberapa komentator malah coba-coba mengalihkan topik ke arah yang sama sekali bukan Topik Hidayat ataupun Predrag Mijatopik:

justru dengan adanya forum kayak gini ini… sinetron ini akan tambah semakin melejit,, dan banyak yg penasaran… jadi ya biarkan saja. bagi tg suka nonton ya tonton aja…bagi yg ga suka nonton ya pindah ke tayangan lain berita misalnya. semakin banyak dikomentari…berarti yg berkomentar itu nonton juga dong. saya aja ga pernah nonton…malah jadi penasaran ingin nonton.. padahal saya ga suka sinetron. emang ceritanya kayak apa sih? pasti semuanya yang di forum ini pada nonton semiua. saya tahunya ya di berita …. apalagi rating nomer satu .

SAYA PIKIR tidak perlu membuat gerekan semacam ini. Tentu. kenapa tidak diambil mudahnya? Kalau tidak suka, kenapa ga Matiin TV saja? atau ganti chanel lain? baca buku, dan saatnya Kalian berkreasi memberikan sebuah Tontonan yang lebih dari sinetron ini?. SIAPAPUN anda yang membuat group ini.. Mudah2an anda bisa bijaksana. :)

Kalo kalian ga suka ama sinetron ini, itu tuh ga masuk akal.. Toh ceritanya masuk akal koq dalam kehidupan sehari-hari.. Kalau kalian mau marah-marah ya ama sinetron-sinetron di INDOSIAR lah, sinetronnya GA BERMUTU SEMUA..

Errr…”masuk akal”? :lol:

FB yg lucu..kreatif tp syang Menjurus ke TINDAK PROVOKATOR..!!klo mau protes sntrn yaa semua sntrn dong jngn hny menuju 1 sntrn aja..dan bw2 pemainnya…emang mrk SALAH..??g kan mrk KERJA..!!!
Admin disini siapa…??? Motiv nya apa..??klo mau memajukan sntrn indonesia yg berkualitas sya jg dukung Tp alangkah eloknya namanya jng hny men…uju 1 sntrn aja..!!jngn lah CARI SENSASI dan menjadi PROVOKATOR sesama Lovers..!!
Asal tau aja semakin bnyk yg menghujat semakin orng2 PENASARAN ma PYD..!!

~makasih~

Yang bikin fage neh g0blok,kurang kerjaan,pnteznya yng di beri koin tu loh,lgean artis pyd tu udah kaya pkey koin sgala goblok,gini2 kan hasil karya indonesia,giliran film upin-ipin,/korea,gak ada yng protes muna loh semua,sok perpect gan,pindah ajah ke luar negeri,tu koin tu bapak loh ajah gayus tambunan mubarok,lgean gak suka ma pyd kok twu alur cerita pyd,wkwkwkwkwkwkwj,kayaknya ada penghianat rezkynya neh,gkgkgkgk

Ada juga yang komen model gini:

sinetron ini sih memang tidak mendidik, penuh kekerasan, dan bukan hanya sinetron ini aja kali, cinta fitri, nada cinta juga tuh, sekarang gw makin yakin, yg bikin page ini adalah fans2 sinetron MD ENTERTAINMENT yg sirik karena PYD berating satu.. ya kalau page ini dibuat untuk semua sinetron yg gak mendidik, judulnya seharusnya jgn gerakan koin tuk PYD dong

Doh, masih ngotot juga kalo ini masalah persaingan antar rumah produksi, sepertinya. Aku nggak habis pikir, dari mana hipotesa macam di atas itu bisa didapat. Aku nggak tau yang bikin komentar macam di atas itu siapa. Tapi SEKARANG GW MAKIN YAKIN kalo beliau itu tidak tau apa-apa tentang gerakan yang sudah terjadi sejak 5 tahun yang lalu. Ya, sejak 2006 yang namanya sinetron sudah diprotes habis-habisan di dunia maya, lho. Bukan cuma sekarang dan bukan juga terbatas pada PYD atau CF thok.

Jadi, ini kupikir bukan masalah persaingan rumah produksi. Kupikir ini tidak segeblek itu. Ini memang tentang penolakan terhadap sinetron nggak bermutu yang memajang cerita nggak masuk akal dengan kualitas akting yang bahkan (untuk kali ini mohon maaf kalo aku terpaksa sombong) di bawah kualitasku sendiri. Lalu kenapa PYD yang jadi tumbalnya? Kupikir jam tayang yang 3 jam itu yang jadi pemicunya. Keterlaluan, memang. Tapi terlepas dari itu, belajarlah tentang apa itu majas metonimia dan pars pro toto :)

On the other side, tentang rumah produksi, aku juga nggak habis pikir sama komentarnya Mas Azis, humasnya Sinema Art, yang bilang:

“Ya kalau itu kan orang bebas saja, siapa pengin bikin, bikin saja, saya nggak tahu apa tujuannya. Saya juga baru tahu tuh,” tegas Azis.

“Ya nggak papa lah orang bikin itu, orang sirik kali. Orang nomer satu rating dan sharenya tinggi sekali. Kan ada saja orang yang buat ini, caranya. Sharenya itu bisa nyampai 40 itu, bikinan orang iri saja kali,” sambungnya.

Aduh, penggemar teori konsiprasi juga sampeyan ini rupanya :D

Azis menilai tindakan pengumpulan koin untuk artis itu juga sebagai perbuatan bodoh, yang seolah menyamakan gerakan pengumpulan koin untuk presiden seperti yang belakangan santer diberitakan. Karena para artis pendukung sinetron ini uangnya sudah banyak dan tidak mengeluh untuk minta kenaikan gaji.

“Gak dia saja yang bodoh kali, ngumpulin koin kaya orang ngumpulin koin buat presiden kan? Dah banyak juga duitnya,” tegasnya.

Errr… Selain penggemar teori konspirasi, nampaknya sampeyan juga nggak paham apa itu “sarcasm” :| *prihatin…

Maka kesimpulan apa yang bisa didapat dari komentar-komentar macam di atas itu? Kesimpulannya adalah: sehubungan pas akhir bulan kemarin aku masukin lamaran ke Indonesia Mengajar-nya Anis Baswedan, tolong didoakan supaya aku keterima ya! Bukan apa-apa, ini cuma supaya aku bisa menyumbangkan sesuatu untuk komponen yang di masa depan bakal ambil bagian untuk bangsa ini. Semoga mereka bisa memiliki kerangka berpikir yang lebih terstruktur dan rapi ketimbang generasi yang sudah bikin komentar-komentar macam di atas itu.

Ah ya, 1 lagi sebelum kita berpisah. Ada juga komentar yang tulisannya macam di bawah ini:

Duhhhh…ga ad kerjaan y lu pada…klw ga suka sinetronn,tinggal ae lu di hutan…klw mank ga suka y jgn lu tonton lahhhhh…gitu ae ko rempongg..ckckckckck

Dan tentu saja ada jawaban bagus yang kuambil dari tulisannya Mbak Dita:

Tapi.. pilihan ‘kan ada di tangan kita, remote control pun bisa ditekan kapanpun juga. Kalau tak suka ya pindah saluran saja, why so serious?

Well, ini adalah pendapat pribadi saya. Sekarang sinetron Indonesia memang baru bisa segitu aja, tapi saya percaya potensi pekerja sinetron Indonesia belum keluar semuanya. Kita hanya perlu percaya dan tak berhenti mendukung mereka. Tonton karyanya dan kritik. Tonton karyanya dan kritik. Tonton karyanya dan jalan lupa untuk memuji. :)

Lagipula, tidak semua dari kita punya pilihan untuk tidak menonton sinetron, kan? Kadangkala kita harus berbenturan dengan keinginan otoritas yang berada di atas kita, misalnya saja yang terjadi juga sama mamakku sendiri yang apal banget sama jalan ceritanya PYD. Mau protes dan mencoba mengembalikan beliau ke jalan yang benar tapi apalah daya. Yah, sangat disayangkan sekali memang…

Facebook comments:

40 Responses to “Barang yang Sudah Terlanjur Dibeli Tidak Bisa Ditukar Ataupun Dikembalikan”

  • yudi says:

    sumpah john, hampir tiap hari ane nonton ni pilem amira dkk. abisnya enyak nyetel tipi di ruang tengah, jadi mau ga mau sesekali noleh liat ada apa sih ribut2.
    Ga tertarik ma pilemnya sih coz memang bulsit banget, kejadiannya janggal dibuat buat dan bikin hati orang yang IQnya tinggi kayak say* jadi emosi berat ngeliat jalan ceritanya yang sangat mengada-ada dan terkesan dipanjang panjangin.

    Tapi Amiranya pahanya mulus john, tolong disampaikan unek2 saya agar lebih banyak menampilkan adegan ranj4ng saja, biar makin tinggi ratingnya gituh :mrgreen:

  • nyahahaha…baiklah, nanti saya tembuskan ke sinema art :D

  • yuda says:

    yang jdi amira diganti ama maria ozawa aja gan,, biar FPI ikut2an nyekal jg.. nyahahahaha :D

  • dhee says:

    gak pernah nonton PYD gara-garanya adekku ngamuk nama anak nya jadi nama tokoh di sinetron ntu.

    lagian mending nonton *****.ya gak mas ganteng?

  • Amd says:

    Pokoknya eh pokoknya™, Nikita Willy tu aktris nomer satu di Indonesia saat ini!!!

  • adhipras says:

    lagi selo tenan yo Joe? sempet-sempetnya nulis bejibun gini.. :D

  • itikkecil says:

    saya ngakak mampus setiap kali membaca komen para fans PYD di FP facebook itu. soalnya mereka tidak sadar kalau ternyata ada juga emosi lain yang muncul selain iri. ada juga muak, jijik, neg dan dalam kasus saya kasihan…. kasihan karena artisnya harus kerja keras banting tulang jelas lebih dari tiga jam dalam sehari hanya untuk memproduksi sinetron yang hasilnya gitu-gitu aja…

  • yuda:::
    ozawa? seandainya orang fpi ndak gaptek, bisa saya pastikan ozawa bakal dicekal. kasusnya, kayaknya ada yang mbocorin ke mereka kalo ozawa sekarang sudah jadi bintang film komedi. jadi nggak jadi ada video action lagi ini… :lol:

    dhee:::
    tentu saja. lebih baik saya nonton *a-*n-*i-*m-*e, mbaknya :D

    Amd:::
    karena itu lebih baik cerita sinetronnya difokuskan ke adegan ranjangnya nikita willy sahaja

    adhipras:::
    maklumlah…namanya juga sudah sarjana :twisted:

    itikkecil:::
    saya juga. apalagi ketambahan yang pake bahasa alay :mrgreen:

  • dhee says:

    wah makin pinter aja ni si mas ganteng-nya…

  • sora9n says:

    *baca-baca yang dicopas dari fesbuk*

    :shock:

    *baca-baca*

    *baca-baca*

    *baca-baca*

    Terima kasih ya masbro. Saya sekarang belajar bersyukur… Tidak lagi akan mengatai diri sebagai makhluk bodoh… T_T

    *menangis senggukan*

  • dhee:::
    tentu saja, itu karena saya selalu melatihnya. rasanya berdosa kalo membiarkan otak saya berhenti bekerja, nyahahaha!

    sora9n:::
    sesungguhnya jangan terlalu sering melihat ke atas, dan jangan terlalu lama pula menengok ke bawah. ingatlah pada apa yang dikatakan vetty vera :mrgreen:

  • lambrtz says:

    Saya cukup senang karena dengan dideaktivasinya account Facebook saya, serta tidak adanya siaran TV Indonesia di sekitar saya, saya tidak perlu ikut terlibat dalam panasnya perdebatan tentang sinetron ini. :-”

    BTW udah baca ini Bos?

  • lambrtz says:

    Yaelah bar mencet submit comment, komenmu ning postingan Aris langsung mlebu RSS Readerku. Abaikan saja kalimat terakhir komenku sadurunge lah. :lol:

  • [...] Satch menulis pendapat tentang rame-rame Putri yang Ditukar dengan baik & menarik. Bukan hanya pendapat tentang cerita sinetronnya, secara khusus Joe [...]

  • Pak Guru says:

    Saya tidak terima ini.

    Padahal sudah baik nasip saya, secara tidak sempat tahu-menahu perkara ada komentar-komentir aneh bin ajaib semacam itu di Fesbuk. Lhaaa pakek dikopas pula kemari. :|

  • san_san says:

    1. “Ssst! Yang nyasar dari Google ke sini biasanya gara-gara kata kunci:
    dewa – cinta fitri 1 – cinta fitri – ”

    saya nyasar ke sini : google reader –> hermansaksono.com –> nonadita.com

    2.”Lagipula, tidak semua dari kita punya pilihan untuk tidak menonton sinetron, kan? Kadangkala kita harus berbenturan dengan keinginan otoritas yang berada di atas kita”

    saya harus mengalah kepada yang bawah : adik saya !

    dan satu lagi : menonton sinetron karena tidak ada pilihan tontonan selain sinetron (bahkan saluran tv yang mengklaim dirinya sebagai tv berita pun seperti sinetron, itu-itu saja beritanya *maaf jadi out of topic*)

    3. Saya setuju kalau dikatakan sinetron itu tidak bermutu (dari segi akting, pengambilan gambar, setting dan alur cerita).

    4. Ada yang menuliskan : sinetron semata-mata untuk hiburan, pelepas kepenatan. Kok saya tidak merasa terhibur saat menonton sinetron? yang ada, saya marah-marah melihat akting aktor/aktris-nya yang sama semua (wajah marah. wajah sedih. wajah culas. 1 mimik beda nama) , alur cerita yang tidak nyambung (yang diceritakan mati bisa hidup lagi, operasi plastik sudah seperti ganti pakaian), kok bisa memperebutkan 1 cewe/cowo seperti sudah tidak ada cowo/cewe lain di dunia, dan kok bisa sebodoh itu mau ditindas melulu?

    5. Salam kenal, saya tidak punya blog tapi suka nyasar di blog :)

    6. Maaf, komentar saya jadi panjang lebar begini.

  • [...] laporan Bung Joe di tulisannya yang anyar, resistensi yang ditawarkan oleh penggemar Putri yang Ditukar sudah terhitung passionate sekali, [...]

  • kalo disamakan makanan gimana ya gan? sinetron PYD itu semisal makanan instan ber-MSG lalu ada orang protes karena beracun. :mrgreen:

    salam kenal numpang ninggalin jejak :cool:

  • ernesto says:

    pak john, mamak di rumah g suka nonton pyd, tapi dia nontonnya cinta fitri, abis itu lanjut arini dua.. entah arin yang mana itu, eh arin itu mantannya siapa ya?

    btw sudah nonton supergirl blom kang? saingannya superboy yang di Indosiar, cuma ini di mnc tv dan yang maen manohara berbalut busana macam superwoman

  • sandalian says:

    Orang Indonesia ini lucu-lucu ya :))

  • [...] yang lebih menggelikan, yakni para “pembela” PYD. Seperti yang diutarakan oleh Joe, para pembela ini nggak segan-segan mengata-ngatai dengan kata-kata kasar, menyerang pribadi (shoot [...]

  • [...] Barang yang Sudah Terlanjur Dibeli Tidak Bisa Ditukar Ataupun Dikembalikan [...]

  • leksa says:

    Eh lama ga kesini..
    makin ganteng aja si Joesat :p

  • [...] Cinta Fitri atau PyD pun, saya pikir sebenarnya tinggal menunggu waktu saja, sampai ada tayangan lain yang kemudian [...]

  • [...] Barang Yang Sudah Terlanjur Dibeli Tidak Dapat Ditukarkan – Joesatch [...]

  • [...] Barang Yang Sudah Terlanjur Dibeli Tidak Dapat Ditukarkan – Joesatch [...]

  • lambrtz:::
    sudah donk :D

    Pak Guru:::
    ah, jangan ribut. situ juga udah dapet trefik ini :P

    san_san:::
    1. itu kerjaannya plugin bstat kok :)

    2. tetep. itu pasti karena didikan orangtua supaya ngalah sama adik, kan? nah, orangtua selaku otoritas yang lebih tinggi ikutan ngaruh di sini, hehehe

    3. nah, kita sejalan

    4. errr…konon selera orang itu beda. tapi setidaknya kita merasakan hal yang sama :mrgreen:

    5. salam kenal juga. saya malah lebih egois. punya blog tapi jarang ninggalin komen di blog orang. pengennya blognya sendiri yang dikomenin orang terus, hehehe

    7. ndak papa. keyword postingan saya malah jadi lebih banyak kok

    Berita Pilihanku:::
    oh ndak papa, msg itu racun buat otak kok, katanya. kata mamak saya dan kata mantan pacar saya yang dipengaruhi sama mantan calon mertua saya, kalo kebanyakan makan yang pake micin, lama2 kita bisa tambah bodo

    ernesto:::
    belum nonton. tapi saya sumpahin biar soraya intercine didatengin sama venom + carnage, terus diporakporandakan sama mereka :twisted:

    sandalian:::
    iya. orang inggris yang lucu malah cuma mr. bean. makanya kita harus bangga sama produk dalam negeri

    leksa:::
    begitulah keadaan saya dari hari ke hari 8)

  • [...] Barang Yang Sudah Terlanjur Dibeli Tidak Dapat Ditukarkan – Joesatch [...]

  • aish says:

    hmmm really interesting blog. salam kenal!
    ngakak2 saya bacanya mas. hihihi :D

  • Jauhari says:

    Sinetron 2.0
    Ketika Sintron masuk ranah maya… #eh

  • kunderemp says:

    Wis, Joe.. nonton Sang Pendekar saja di Trans 7. Ceweknya gak kalah kece. Akhir cerita jelas. :D

  • Barang yang Sudah Terlanjur Dibeli Tidak Bisa Ditukar Ataupun ……

    [...]“Gak dia saja yang bodoh kali, ngumpulin koin kaya orang ngumpulin koin buat presiden kan? Dah banyak juga duitnya,” tegasnya. Errr… Selain penggemar teori konspirasi, nampaknya sampeyan juga nggak paham apa itu “sarcasm” :| *prihatin… …[...]…

  • ocha milan says:

    sayah korban dari sinetron ituhhh… huhuhuhuhu T__T

    ngeri sama jam tayangnya yang bikin pembantu saya sampe begadang terus. maklum aja di Papua kalau mau nonton sampai selesai satu episode biasanya sampe jam 12 malam.

    kita sih nganggepnya ya udahlah hiburan buat si pembantu. tapi rada gemes juga jadinya. menghibur untuk kalangan tertentu bisa jadi emang iya. tapi sampe segitunya kah kejar tayang tiap hari 3 jam pulak.

    arghhh… sebel sayah. jadi anti sama sinetron-sinetron sekarang. :(

  • GadisPucat says:

    itu yang setantron keren deh…
    jiplakannya dari taiwan dan sekitarnya semua, terkenal dan yang ngga terkenal..muwahahahahahahahaha….
    *dasar gebleg ga kreatip!*

  • jam online says:

    nice share,,,

    keep posting…

    salam kenal…

  • Char Aznable says:

    Ayo semuanya mari kita damai bersama. Mendingan kita fikirkan mengatasi over populasi bumi ini, dengan membangun space colonies di antariksa, maka sebagian manusia dapat bermigrasi ke situ. Pada akhirnya, bumi dapat menjadi lebih baik, dan “recover” menjadi seperti semula. Bantu aku mempersiapkan MSN-04 Sazabi dan MSN-03 Zeong (a.k.a Zeon Gundam) untuk melawan musuh beratku amuro ray!!!

  • kta dbs says:

    dari judulnya saja sudah menggambarkan isi yang tidak bermutu…

  • niluhsiska says:

    infox sanggat bermanfaat

  • Informasinya sangat inofatif dan mendidik sekali

  • kunjungan siang gan …
    semoga sukses selalu

Leave a Reply

Kitab Wangsit
SUDAH TERBIT!
Kitab wangsit karangan Mas Joe, idola masa kini para remaja putri. Mumpung bakulnya masih buka, mari segera dikonsumsi!

Cocok untuk dibaca sambil ngemil kuaci ataupun sebagai teman semedi di kamar mandi.

Minatkah?

Kalau minat, bolehlah klik di SINI untuk segera membeli. Buruan! Minggu depan harga naik tiada karuan.

Berlangganan Wangsit

Masukkan alamat email sampeyan:

Ceriakan hari-hari sampeyan dengan rutin membaca wangsitnya Mas Joe

Si Sumber Wangsit
Anindito Baskoro "Joe" Satrianto. Laki-laki dahsyat (sumpah!). Pengangguran, pengkhayal, pemimpi, pembual, sekaligus pejuang (yang tidak) tangguh. Mantan aktivis Lab Omah TI, (masih jadi) penunggu sekretariat Himakom UGM, pengeceng gadis-gadis cantik berjilbab. Ngganteng, pinter, tapi banyak utang.

Almanak
Wangsit Bergambar




SEO Powered By SEOPressor