Ealah… Gara-gara Ahmadiyah

Aku ini suka nyepam. Jadi biasanya kalo setiap selesai bikin postingan baru di blog ini, aku pasti langsung woro-woro ke semua yang tercatat di contact-list Y!M-ku. Aku kasih URL address postingan baruku itu.

Nah, gara-gara kemarin aku bikin postingan tentang Ahmadiyah dan nyepam lewat Y!M lagi, aku tiba-tiba langsung mendapat banyak respon – gara-gara pas nyepam aku nulis juga kalo aku mendukung Ahmadiyah – yang mempertanyakan kualitas keimananku. Nggak seru. Mereka nanya, aku ini Muslim bukan? Apa aku mengakui Mirza Ghulam Ahmad sebagai nabi? Aku jawab saja dengan pertanyaan balik, sudah baca postinganku itu belum? Dan selanjutnya, tidak ada balasan pertanyaan lagi dari mereka.

Heran… Manusia-manusia itu, kok, sukanya coba-coba berspekulasi bahkan sebelum menyentuh bahan-bahan pendukung apa yang akan dispekulasikannya. Beuh… Dasar semprul! Makanya, John, baca dulu baru komentar! ๐Ÿ˜€

Pengumuman tambahan! Sejak aku ngetop jadi bintang film, di Y!M-ku banyak sekali request dari penggemar buat kedaftar di contact-list-ku. Dan daripada dikatain sebagai idola yang sombong, ya sudahlah aku terima mereka meskipun sebenarnya banyak yang aku ndak tau siapa sebenarnya mereka.

Balik lagi ke masalah respon gara-gara tulisanku itu. Walaupun banyak respon yang ndak bermutu, tapi ada 1 respon via Y!M yang bikin aku tertarik, sampai-sampai aku mencoba terus menanggapinya. Tentang isi percakapannya sendiri, mungkin bakal terbaca berisi sentimen internal khas umat Muslim. Jadi mohon maaf kalo mungkin bakal ada beberapa pihak yang tersinggung. Karenanya, tanpa banyak bacot, marilah kita sambut percakapan Y!M-ku yang kemarin! Plok…plok…plok…

arko_java (5:35:30 PM): ‘cm’ Imam mahdi,ya.Em..kl gt,kl menganut percayanya sndiri y,jgn ajak2 orang laen,dong.(mau ajak,silakan ding.tp jangan jd ky bunglon..pake nama islam,mgajak nyembah tuhan,tp kok ngajak njadiin kitab barunya jd salah satu kitab penuntunnya).aku jd inget kata hatiku td ssudah bdoa(prtanyaan yg jg kutujukan pd diriku sndiri sbnrnya).”jangan campur aduk antara yang hak dan yang batil.”kl bkn haknya,y jangan diaku2/diambil.kl bbuat kbaikan,y jangan dicampur2 sm yg bukan haknya. ๐Ÿ™‚ intinya,keep calm down.jangan mmperturutkan hawa nafsu.dah t j.(re:’Maka kalo sekarang ada yang mau meralat apa yang aku, monggo, silakan saja. Aku bakal senang sekali bisa dapat informasi,’spt kata2mu di http://diary.satchdesign.com/?p=77)
arko_java (5:36:33 PM): ‘cm’ Imam mahdi,ya.Em..kl gt,kl menganut percayanya sndiri y,jgn ajak2 orang laen,dong.(mau ajak,silakan ding.tp jangan jd ky bunglon..pake nama islam,mgajak nyembah tuhan,tp kok ngajak njadiin kitab barunya jd salah satu kitab penuntunnya).aku jd inget kata hatiku td ssudah bdoa(prtanyaan yg jg kutujukan pd diriku sndiri sbnrnya).”jangan campur aduk antara yang hak dan yang batil.”kl bkn haknya,y jangan diaku2/diambil.kl bbuat kbaikan,y jangan dicampur2 sm yg bukan batil. intinya,keep calm down.jangan mmperturutkan hawa nafsu.dah t j.(re:’Maka kalo sekarang ada yang mau meralat apa yang aku, monggo, silakan saja. Aku bakal senang sekali bisa dapat informasi,’spt kata2mu di http://diary.satchdesign.com/?p=77)

morgan_cupids (5:36:54 PM): wah, islam kan nggak pernah melarang melakukan penafsiran thd imam mahdi ๐Ÿ˜‰
morgan_cupids (5:37:17 PM): menurut saya, penafsiran thd imam mahdi bukanlah pelanggaran kaidah pokok agama
morgan_cupids (5:37:19 PM): ๐Ÿ˜€

arko_java (5:37:21 PM): ntah,bnr/g
arko_java (5:37:30 PM): tp smp skrg kok aku blm prnh th sih,
arko_java (5:37:33 PM): dimana sih
arko_java (5:37:35 PM): sbnrnya
arko_java (5:37:36 PM): kata2
arko_java (5:37:42 PM): imam mahdi itu bs kutemuin?

morgan_cupids (5:37:52 PM): nah

arko_java (5:38:00 PM): “imam mahdi” itu sndiri bs kuliat disurat apa sih?

morgan_cupids (5:38:04 PM): di alquran sendiri ga pernah jelas disebutkan kan padahal
morgan_cupids (5:38:06 PM): ๐Ÿ˜€

arko_java (5:38:17 PM): prcaya kok sm yang ga dijelasin di alquran
arko_java (5:38:30 PM): y t namany blm bs jadiin alquran sbg pgangan hidup
arko_java (5:38:34 PM): mgkn cm bacaan x y
arko_java (5:38:36 PM): he
arko_java (5:38:38 PM): :p

morgan_cupids (5:38:39 PM): hahaha

arko_java (5:38:40 PM): bcnda
arko_java (5:38:41 PM): ki

morgan_cupids (5:38:42 PM): kalo hadist bagemana?
morgan_cupids (5:38:52 PM): hadist yg memuat ttg imam mahdi lumayan banyak lho

arko_java (5:38:55 PM): maaf,
arko_java (5:39:00 PM): sbnnya dl aku kafir

morgan_cupids (5:39:06 PM): cuma memang, keabsahan sebuah hadist tetap perlu diteliti

arko_java (5:39:13 PM): dan aku lbh prcya dg kbenaran alquran
arko_java (5:39:16 PM): msi aku g mmungkiri
arko_java (5:39:18 PM): hadis
arko_java (5:39:20 PM): knp?
arko_java (5:39:25 PM): krn didlm alquran
arko_java (5:39:28 PM): tuhan jelas
arko_java (5:39:31 PM): tuhan jelas2
arko_java (5:39:35 PM): udah mgatakan bahwa
arko_java (5:39:43 PM): Dia lah yang akan menjaga kemurnian alquran

morgan_cupids (5:39:47 PM): yep

arko_java (5:39:49 PM): sdg aku blm prnh

morgan_cupids (5:39:58 PM): makanya, siapapun bisa menafsirkan muatan hadist

arko_java (5:40:06 PM): mmbaca bhw dia akan mnjaga kemurnian hadit
arko_java (5:40:08 PM): mmbaca bhw dia akan mnjaga kemurnian hadist
arko_java (5:40:10 PM): Em..jd,
arko_java (5:40:12 PM): oy
arko_java (5:40:17 PM): dan kl dipikir lg
arko_java (5:40:18 PM): hadis t
arko_java (5:40:20 PM): jgn diterjemahkan
arko_java (5:40:23 PM): scara saklek

morgan_cupids (5:40:25 PM): jadi…ya itu yang saya bilang di postingan

arko_java (5:40:33 PM): liat kpn rosul mgatakan

morgan_cupids (5:40:37 PM): siapapun bisa memiliki ijtihadnya sendiri2 ๐Ÿ˜€

arko_java (5:40:40 PM): hadistnya
arko_java (5:40:41 PM): t
arko_java (5:40:45 PM): dan dlm keadaan apa
arko_java (5:40:50 PM): (dlm kondisi bgmn)

morgan_cupids (5:40:54 PM): yep

arko_java (5:40:55 PM): ๐Ÿ™‚

morgan_cupids (5:40:59 PM): perlu pendalaman

arko_java (5:41:02 PM): kl alquran,itu lah peganganku seutuhnya
arko_java (5:41:17 PM): pegangan hidup

morgan_cupids (5:41:20 PM): makanya saya bilang ahmadiyah ndak bisa dilarang selama syahadatnya masih sama dengan islam pada umumnya

arko_java (5:41:20 PM): bkn bacaan
arko_java (5:41:23 PM): atau
arko_java (5:41:25 PM): dongeng
arko_java (5:41:35 PM): yg jd ptanyaaku skrg
arko_java (5:41:39 PM): trus knp
arko_java (5:41:48 PM): pke kitab
arko_java (5:41:49 PM): baru sgala
arko_java (5:41:54 PM): mnyembahnya k india
arko_java (5:41:56 PM): n

morgan_cupids (5:41:57 PM): kitab baru?
morgan_cupids (5:42:01 PM): menyembahnya ke india?
morgan_cupids (5:42:06 PM): sebentar…

arko_java (5:42:07 PM): bny pndapat yg blg bhw dia t nabi?

morgan_cupids (5:42:14 PM): ada 2 aliran besar dlm ahmadiyah
morgan_cupids (5:42:26 PM): yang 1 ya yang bener2 beda sama islam pada umumnya
morgan_cupids (5:42:40 PM): yang 1 lagi yang cuma mengakui mirza sbg imam mahdi
morgan_cupids (5:43:13 PM): nah, kasusnya, pernyataan pemerintah kemarin terkesan pukul rata buat seluruh awak ahmadiyah. itu yg nggak bisa saya terima. kasian mereka yang syahadatnya masih sama
morgan_cupids (5:43:25 PM): ๐Ÿ˜€

arko_java (5:44:00 PM): trus knp kok prcya bkl ada imam mahdi?
arko_java (5:44:03 PM): sumber nya itu dr mna?
arko_java (5:44:07 PM): hadis?

morgan_cupids (5:44:09 PM): ya itu tadi

arko_java (5:44:10 PM): hadis g mana y/

morgan_cupids (5:44:17 PM): siapapun bisa memiliki penafsiran thd hadist kan?
morgan_cupids (5:44:33 PM): ah, tentu saja hadist yang menyebutkan ttg kedatangan imam mahdi
morgan_cupids (5:44:49 PM): tapi jgn tanya isinya kayak gimana, saya ndak apal soale
morgan_cupids (5:44:50 PM): :p

arko_java (5:45:14 PM): ini kl kupikir2 mlh jd ky pnyusunan injil versi baru (stlh prjanjian baru)
arko_java (5:45:29 PM): mrk t cm ngarang crita ttg kisah nabi isa
arko_java (5:45:41 PM): trus di rangkum (yg mrk ksih nama injil)
arko_java (5:45:55 PM): akhirnya disepakati sbgai,katanya,’perjanjian baru”
arko_java (5:45:58 PM): pdhl t
arko_java (5:46:03 PM): isiny dah melenceng dr
arko_java (5:46:06 PM): injil yang asli

morgan_cupids (5:46:15 PM): korelasinya dgn hadis?

arko_java (5:47:07 PM): hadis yg mgatakan bhw ada imam mahdi t,apa bnr2 asli hadis yg diucapkan scara ‘implisit/eksplisit’ dr nabi muhammad,bkn?
arko_java (5:47:08 PM): atau jgn2
arko_java (5:47:15 PM): org yg “merasa”

morgan_cupids (5:47:26 PM): nah, itu…

arko_java (5:47:29 PM): /(ni aku g blh suudon,sbnrny)
arko_java (5:47:31 PM): sok merasa
arko_java (5:47:33 PM): bhw

morgan_cupids (5:47:35 PM): siapapun bisa menafsirkan kan?

arko_java (5:47:36 PM): dia t pandai
arko_java (5:47:43 PM): terus membuat hadis
arko_java (5:47:45 PM): palsu

morgan_cupids (5:48:02 PM): ahahaha, saya ndak memungkiri banyaknya hadis palsu
morgan_cupids (5:48:21 PM): karena itulah hadist tidak sekuat alquran sebagai pegangan

arko_java (5:48:35 PM): ๐Ÿ™‚

morgan_cupids (5:48:47 PM): jadinya orang yg cuma berpegangan dan melenceng dgn penafsiran hadis nggak bisa dibilang sudah melanggar kaidah pokok agama, kan?
morgan_cupids (5:49:07 PM): dengan penafsiran hadis pada umumnya, maksud saya

arko_java (5:49:19 PM): prtanyaanku jd gni skrg
arko_java (5:49:23 PM): knp kok dia pegang kuat2
arko_java (5:49:26 PM): hadis itu?
arko_java (5:49:30 PM): kok g lgsg pegang
arko_java (5:49:38 PM): kuat ajaran yg ada dalam alquran aja?
arko_java (5:49:41 PM): bukannya udah
arko_java (5:49:43 PM): d yg pasti
arko_java (5:49:45 PM): dan terjamin?
arko_java (5:49:50 PM): ๐Ÿ™‚

morgan_cupids (5:49:59 PM): kalo itu malah bisa jadi dibalik pertanyaannya

arko_java (5:50:02 PM): jika mrk mmg myakini spnuh nya isi alquran

morgan_cupids (5:50:17 PM): “apa alquran pernah memuat dengan pasti bahwa bener2 ga bakal ada yang namanya imam mahdi itu?”
morgan_cupids (5:50:27 PM): ga juga kan?
morgan_cupids (5:50:47 PM): inti masalahnya di sini adalah penafsiran hadis, bukan di alqurannya

arko_java (5:50:47 PM): silakan dalami alquran
arko_java (5:50:49 PM): ๐Ÿ™‚
arko_java (5:51:05 PM): dan temukan sndiri jawabanny

morgan_cupids (5:51:08 PM): sama2
morgan_cupids (5:51:18 PM): temukan sendiri jawabannya

arko_java (5:51:36 PM): cari dan temukan
arko_java (5:51:41 PM): dlm alquran
arko_java (5:51:43 PM): ๐Ÿ™‚
arko_java (5:51:48 PM): i suggest

morgan_cupids (5:52:13 PM): eh, sebentar, apa yang harus saya cari?
morgan_cupids (5:52:16 PM): ๐Ÿ˜€
morgan_cupids (5:52:58 PM): huehehe
morgan_cupids (5:53:13 PM): saya sdg tidak bertanya2 soale

arko_java (5:53:58 PM): eh,sorry

morgan_cupids (5:54:05 PM): yep?

arko_java (5:54:07 PM): aku mo prgi d;
arko_java (5:54:10 PM): aku mo prgi dl

morgan_cupids (5:54:12 PM): silakan

arko_java (5:54:12 PM): ok
arko_java (5:54:14 PM): see you later

morgan_cupids (5:54:24 PM): ati2 di jalan
morgan_cupids (5:54:57 PM): oh ya, di alquran juga ndak ada tatacara shalat lho
morgan_cupids (5:54:59 PM): ๐Ÿ˜€

arko_java (5:58:01 PM): ttg bgmn kita melakukan gerakan,mgkn emg g d.knp,utk apa,demi siapa,dan ke arah mana kt mlakukan sujud rukuk dan i’tidal itu smua ada didalamnya. (“bukan barat dan timur,kt hrs bersujud.tp sujudnya itu pd tuhanmu.).tp disisi lain,ayat yg terkhir kali turun,”telah kusempurnakan islam sebagai agamamu”,jadi knp kt hrs btanya2,apakah akan ada imam mahdi/ga.apa bakal akan ada nabi lain/ga.kl udah tjawab di ayat terakhir yang kluar itu?
arko_java (5:58:06 PM): ๐Ÿ™‚
arko_java (5:58:22 PM): aku lebih yakin pd pegangan hidupku,

morgan_cupids (5:58:27 PM): artinya, tatacara geraknya ada di hadist kan?

arko_java (5:58:35 PM): nah
arko_java (5:58:37 PM): itu yg aku aneh
arko_java (5:58:45 PM): kadang,knp kt ga berfikir sih
arko_java (5:58:48 PM): knp wudlu jg
arko_java (5:58:52 PM): hrs ky gt?

morgan_cupids (5:58:55 PM): nah?

arko_java (5:58:57 PM): knp dimulai dr tangan

morgan_cupids (5:58:59 PM): kenapa hayo?

arko_java (5:59:01 PM): knp muka diusap>
arko_java (5:59:09 PM): emg kl mnrtmu knp?
arko_java (5:59:24 PM): (ini udah kujawab td.calm down..and get the priciple)
arko_java (5:59:30 PM): not the skin only
arko_java (5:59:43 PM): and jangan bikin2 yg ga ada tuntunannya

morgan_cupids (5:59:45 PM): ahahaha

arko_java (5:59:47 PM): dlm alquran
arko_java (5:59:58 PM): cobalah
arko_java (6:00:00 PM): puasa

morgan_cupids (6:00:05 PM): saya sih ndak menolak hadis selama ndak bertentangan dengan alquran

arko_java (6:00:07 PM): dan rasakan sbnrnya
arko_java (6:00:09 PM): puasa itu buat apa
arko_java (6:00:17 PM): Tp sjujurnya
arko_java (6:00:21 PM): aku sbnrnya males
arko_java (6:00:24 PM): ngomongin hal ini
arko_java (6:00:28 PM): debat yang g penting

morgan_cupids (6:00:34 PM): apa ini debat?
morgan_cupids (6:00:42 PM): wah, saya kok nganggapnya nggak gitu ya?
morgan_cupids (6:00:56 PM): ๐Ÿ˜€

arko_java (6:01:08 PM): ajaran agama itu kan bukan akal dan okol.bukan hati dan nfsu
arko_java (6:01:12 PM): ๐Ÿ™‚
arko_java (6:01:19 PM): tp itu adl pegangan hidup

morgan_cupids (6:01:24 PM): ya?
morgan_cupids (6:01:26 PM): terus?

arko_java (6:01:27 PM): y dah yo
arko_java (6:01:47 PM): moga beruntung
arko_java (6:01:48 PM): ๐Ÿ™‚

morgan_cupids (6:01:51 PM): sama2
morgan_cupids (6:02:03 PM): semoga ente juga beruntung

arko_java (6:02:10 PM): ๐Ÿ™‚

morgan_cupids (6:02:14 PM): ๐Ÿ˜›

Badalah! Sampe di situ benar-benar pergi manusianya. Padahal aku masih kepengen tau apa lagi yang ditanyakannya. Yang bikin aku agak geli, sih, sebenarnya ya cuma bagian dia yang bertanya ke aku, aku menjawab, mungkin dia nggak sreg sama jawabanku, lalu malah akunya yang disuruh mencari jawabannya di Alqur’an. Piye e, Oom, aku, kan, ndak sedang dalam posisi bertanya? Lha, kok, malah aku yang disuruh nyari sendiri jawabannya di Alqur’an?

Selebihnya, aku mencoba menyimpulkan – yang cuma asli ngawur-ngawuran gara-gara kalimatnya dia banyak yang sulit kupahami lantaran dipenggal-penggal seenaknya dan kata-katanya disingkat-singkat semaunya – kalo dia mencoba mengajak aku untuk hanya mempercayai Alqur’an saja dan meninggalkan hadist Nabi. Katanya, sih, gara-gara hadist itu sangat rentan buat dipalsu. Jadi kenapa nggak sekalian ditinggalkan aja yang meragukan dan berpeganglah pada sebuah hal yang pasti yaitu Alqur’an?

Dan gara-gara dia keburu kabur, aku jadi nggak sempat bilang tentang pandanganku terhadap hadist, yang gampangannya kalo sebuah hadist itu tidak bertentangan dengan Alqur’an, berisi nasehat yang baik, juga nggak merugikan buat aku, lha, kenapa mesti kutolak? Beda urusannya kalo ini tentang perkara hadist yang mengharamkan gambar bernyawa. Wah, itu, sih, mematikan profesiku sebagai tukang nggambar, namanya ๐Ÿ˜ˆ

Toh mbalik ke kata-katanya dia sendiri, kalo yang tidak disebut di Alqur’an itu nggak perlu dilakukan, artinya yang tidak disebut di Alqur’an juga tidak terlarang untuk dilakukan, kan? ๐Ÿ˜‰


Facebook comments:

39 Comments

  • ariss_ |

    Hmm… pro Ahmadiyah ya… ๐Ÿ™‚
    .
    btw about menggambar, itu juga masih jadi ganjalan, sebab itu jg salah satu kemampuan yang diberikan-Nya pada saya :mrgreen:
    .
    Salam,

  • Nazieb |

    Owalah, itu tho ID YM sampeyan..

    Tak add ah..

    *komen OOT juga tidak disebutkan di Al Quran lho.. :mrgreen:

  • Kroco Geddoe |

    Hohoho! Arko itu selebriti, mas. Pernah masuk tipi. ๐Ÿ˜› Dan kalo chat emang kayak begitu; segala macam kata dimutilasi kayak SMS. ๐Ÿ˜†

  • moonray |

    Berarti YM ku salah satu yang nggak mutu tenan yo joe..
    kekekkee
    asem ik

  • arko |

    Ah,km apa jg nggak itu urusanmu.

    ok Ni kukasih th j.

    1.Ngapa aku g mo nerusin?
    coz buang2 waktu omong sm km.
    Mending belajar buat ujian.

    2.terus km blg, tata cara sholat itu dr hadis?
    Aku jd mo tanya.
    wkt jamannya nabi ibrahim itu blm ada solat ya?
    dan kt solat jg blh kok g hrs slalu ssuai dg tata cara yang biasanya.contohnya,kl kt sakit.boleh kan solat smbl tidur?

    -bagiku agama itu bukan sebagai belenggu.jadi ngapain mmperdebatkan sst yang cm kliatan dr luarnya aja?ky kl wudu itu hrs ngusap 3x,atau apa kek.tapi yang pasti,itu pun br sbatas yg kutahu,bhw di alquran (almaidah:3,kl g salah),udah jelas2 disebutkn bhw tlah disempurnakan islam sbgai agama.jd,knp kt hrs nyari2 kbenaran br lagi?kl udah dksih th yang bnr?-

    Em..kl dipikir2 lagi,
    katanya nabi muhammad tu sgala perbuatannya menerminkan alquran kan?
    berarti kl di alquran ga disinggung2 tentang imam mahdi??terus pernyataan itu keluar krn apa?dan kl itu hadis,liat isinya..knp nabi muhammad mengatakan hal itu?kira2 apa sebabnya.dan apa sih pljrn yg bs diambil?

    (ini yg ga kusuka dr diskusi konyol kmrn.kuajak mikir: apa sih sbnrnya inti dari ssuatu itu (y agama,y hadis,ya alquran).makanya km kutanya mana hadisnya?n km jawab km g hafal.lah gmn aku bs bljr sst dr “hadis” t?? n kl kyakinn/ajaran agama cm buat bahan debat aja,ya silakan.tp aku ga mau ikt campur.coz bagiku agama itu hak kok.)

    kl emg ada hadisnya yang bs dipercaya,emg gmn sih isi hadisnya yg mnyangkut imam mahdi?

    2.aku mmpertanyakan km beriman/nggak???
    lha wong aku cm mau nanggepin omonganmu yang ditulisan itu kok.ga peduli km beriman/nggak.itu kan hak mu.silakan2 aja.mau yakin sm apa

    3. Kukasih th hal yang privacy kok malah km umbar2 didepan org bny gni(ttg ms lalu&agama yang kuyakini).Kok skrg aku jadi mikir,trnyata km ini t emg bnr2 g pny etika ya?

    tp itu gpp.
    It’s show who you are.

    Ah,,skrg trserah aja.
    TOh itu urusanmu.

    Mksh.

    ๐Ÿ™‚

    via blog ini aku malah bikin sensasi.
    ho3x..

  • Mak-nya Naila |

    lah, aku musti tulis kemana joe? keberatan kasih tahu no hp-mu ora? lah soale aku budhal isuk2 jam 8 waktu inggris, mendarat di indo jam 20.15 sebtu. ra sempet moco internet. tolong yo?? aku percaya ama jawaban2mu kok. kontak emailku ya.

  • Mak-nya Naila |

    joe aku coba nulis disini ya, siapa tahu kamu sempet balesin and siapa tahu juga besok pagi sebelum take off aku sempet baca.
    gini, suamiku seminggu sebelum menikah sama aku jadi mualaf. jujur walo menjadi mualaf itu supaya bisa menikahiku, tapi dia juga mem[ertimbangkannnya selama 13 bulan sebelum kami akhirnya menikah. dan kemudian aku pindah ke inggris des 06 dan baru besok mudik ke indonesia setelah selama ini tinggal ikut suami dan ngurus bayi kami. aku juga dasar islamnya gak kuat, istilahnya iqro aja gak sempurna. dan suamiku tidak menjalankan perintah islam sepenuhnya. karena amat susah buat dia menghafal ayat suci dan bacaan sholat. buat dia sepanjang dia percaya pada Tuhan yang sama, dia akan baik2 saja. masalahnya pihak keluargaku pasti akan ada yang mempertanyakan sejauh mana kedalaman islamnya. bagaimana sholatnya, hafalan surat2 pendek dsb.itu yang dia terutama dan aku takuti.kami harus jawab apa joe? tapi aku berani bilang bahwa dia suami dan ayah yang baik. itu yang terus aku syukuri.

  • Yang Punya Diary |

    aphip_uhuy:::
    yayaya, phip, monggo2… ๐Ÿ˜›

    detnot:::
    yeah, itu hal yang tdk saya suka, masdab, sekaligus kenyataan dunia yang harus saya hadapi ๐Ÿ˜€

    mybrainsgrowell:::
    open source, git? kalo gitu itu open source yang dikomersiilkan. liat aja kitab2 hadist itu pada dijual, hahaha

    wira:::
    kalo gitu no answer juga, hahahaha

    ariss_:::
    ah, saya, sih, pro sama sapa aja yang penting dia nggak ngelarang2 saya nggambar2 dengan model gadis2 itu ๐Ÿ˜†

    Nazieb:::
    sambil disertakan keterangan secukupnya ya? biar pengelompokannya lebih gampang :mrgreen:

    Kroco Geddoe:::
    hooo???
    di tipi? kayak dian sastro dunk berarti? ๐Ÿ˜€

    moonray:::
    emange kowe nanggapi? lha kowe malah curhat masalah debet dan kredit ngunu, kok ๐Ÿ˜›

    arko:::
    aha! menyenangkan. yang dibincangkan datang ๐Ÿ˜€

    1.Ngapa aku g mo nerusin?
    coz buang2 waktu omong sm km.
    Mending belajar buat ujian.

    lha kalo memang berbicara dengan saya itu sebegitu menyita waktu njenengan, mas, lantas kenapa memulai pembicaraan? bukannya lebih efektif kalo saya dicuekkan saja sejak awal?

    2.terus km blg, tata cara sholat itu dr hadis?
    Aku jd mo tanya.
    wkt jamannya nabi ibrahim itu blm ada solat ya?
    dan kt solat jg blh kok g hrs slalu ssuai dg tata cara yang biasanya.contohnya,kl kt sakit.boleh kan solat smbl tidur?

    sejujurnya, kapan saya bilang tatacara sholat itu dari hadis? coba dicek lagi di atas, apa iya ada? :mrgreen:

    saya malah nanya kan: ‘artinya, tatacara geraknya ada di hadist kan?’

    nah, itu artinya saya ndak mengeluarkan statement, huehe…

    saya balik nanya aja, deh, emang waktu jamannya nabi ibrahim sudah ada solat yg kayak skrg?

    memang boleh, sih, nggak kayak biasanya. tapi tata-cara yang nggak biasa itu apa dimuat juga di alqur’an?

    -bagiku agama itu bukan sebagai belenggu.jadi ngapain mmperdebatkan sst yang cm kliatan dr luarnya aja?ky kl wudu itu hrs ngusap 3x,atau apa kek.tapi yang pasti,itu pun br sbatas yg kutahu,bhw di alquran (almaidah:3,kl g salah),udah jelas2 disebutkn bhw tlah disempurnakan islam sbgai agama.jd,knp kt hrs nyari2 kbenaran br lagi?kl udah dksih th yang bnr?-

    bagi saya, belenggu atau tidak itu ditentukan oleh hati kita sendiri, kan? selama kita enjoy dan menikmati prosesinya, bagi saya itu bukan belenggu.

    misalnya, coba saja tanya sama temen2 saya yang hindu di bali, apa mereka merasakan sebuah belenggu ketika membeli canang untuk keperluan ibadahnya?

    beberapa dari kita yang di luar sebuah sistem yang disebut ‘hindu’ mungkin bakal mengatakan hal itu sebagai belenggu; buang2 uang saja. tapi selama mereka enjoy, kita nggak bisa donk mengatakan hal itu sebagai belenggu buat mereka, iya tak?

    kalo kita mau bicara masalah inti, yaitu alquran, apa alquran juga melarang kita untuk melaksanakan sesuatu yang ‘cuma kulit’ itu? saya enjoy aja ketika berwudhu, kok. saya juga enjoy ketika (tumben2nya) shalat seperti yang saya tau selama ini. dan hal itu ndak pernah dilarang sama alqur’an, kan? lalu kenapa dipermasalahkan?

    saya juga ndak mempermasalahkan “kulit” itu kok, sebenernya. kalo log chat kita dibaca lagi, bakal keliatan siapa sebenernya yang lebih mempermasalahkan ๐Ÿ˜† saya malah merasa njenengan sedang mempermasalahkan perihal perbuatan yang tidak pernah secara jelas2 dilarang oleh alqur’an.

    dan, njenengan bilang, kenapa harus mencari2 kebenaran lagi? lho, di bagian mana yang saya menyebutkan bahwa saya mencari kebenaran lagi? saya ndak nyari, kok. justru njenengan yang nyuruh saya mencari jawaban di alqur’an padahal saya tidak sedang bertanya tentang apapun, kan?

    euh…kalimat njenengan, plus tanda bacanya, sampai skrg masih sedikit menyita waktu saya untuk mencerna apa inti kalimatnya.

    Em..kl dipikir2 lagi,
    katanya nabi muhammad tu sgala perbuatannya menerminkan alquran kan?
    berarti kl di alquran ga disinggung2 tentang imam mahdi??terus pernyataan itu keluar krn apa?dan kl itu hadis,liat isinya..knp nabi muhammad mengatakan hal itu?kira2 apa sebabnya.dan apa sih pljrn yg bs diambil?

    style nabi ketika lagi makan apa ya disebutin di alqur’an, mas? padahal makan itu termasuk salah satu perbuatan nabi, lho ๐Ÿ˜€

    kalo perkara penafsiran hadis, oh, masing2 pihak berhak punya penafsirannya, selama tidak menyelisihi alqur’an. jadinya ya saya ndak bisa menjustifikasi mana yang bener dan mana yang salah. saya cuma ngamuk kalo ada yang ngelarang-ngelarang saya bikin tutorial photoshop dengan ayu sebagai modelnya, misalnya

    (ini yg ga kusuka dr diskusi konyol kmrn.kuajak mikir: apa sih sbnrnya inti dari ssuatu itu (y agama,y hadis,ya alquran).makanya km kutanya mana hadisnya?n km jawab km g hafal.lah gmn aku bs bljr sst dr โ€œhadisโ€ t?? n kl kyakinn/ajaran agama cm buat bahan debat aja,ya silakan.tp aku ga mau ikt campur.coz bagiku agama itu hak kok.)

    disebut diskusi konyol, ya? ahahaha, saya jadi mencoba mengingat2 siapa yang memulai diskusi dan mempermasalahkan isi postingan saya ๐Ÿ˜† perasaan, saya cuma berkesempatan membalas kalimat2 njenengan di chat itu dengan porsi yang sedikit banget, lho (coba dicek ulang lagi log chatnya di atas itu). jadinya saya malah ndak keliatan sebagai jagoan ๐Ÿ˜ˆ

    okelah saya yang memulai dengan melontarkan spam. tapi selama ini toh spam dari saya ndak pernah njenengan tanggapi, tho? kenapa baru kemarin itu njenengan “tergoda”?

    lha, kalo perkara saya ndak hafal isi hadisnya, bukan berarti itu lantas membuat njenengan ndak bisa bertanya kepada narasumber lainnya yang lebih valid, kan?

    saya akui, sih, coding php aja saya masih harus bolakbalik manual dan ngirim sms ke temen saya buat tanya2, ya apalagi kalo mendadak ditodong suruh nyebutin bunyi sebuah hadis. saya kan juga mesti nyari2 dulu :mrgreen:

    di kampus saya (dan rasanya bukan cuma di mipa selatan, sih) ada istilah: use google before asking. korelasinya? wah, ndak usah dipikirin. saya cuma asal nyonthong, kok ๐Ÿ™‚

    kl emg ada hadisnya yang bs dipercaya,emg gmn sih isi hadisnya yg mnyangkut imam mahdi?

    mohon maaf, sampe skrg saya masih tetap belum nyari. kalo njenengan memang butuh banget, coba tanya ke orang lain yang lebih kompeten dari saya. minimalnya, yang hafalan hadisnya lebih bagus dari saya, deh

    *tengok-tengok*

    halo, ada yang bisa mbantu mas arko?

    2.aku mmpertanyakan km beriman/nggak???
    lha wong aku cm mau nanggepin omonganmu yang ditulisan itu kok.ga peduli km beriman/nggak.itu kan hak mu.silakan2 aja.mau yakin sm apa

    ahahaha, kalo perkara yang ini sih, yang mempertanyakan keimanan saya memang bukan njenengan kok, mas. saya juga nggak ada bilang kalo njenengan yang mempertanyakan hal itu, tho?

    saya, di tulisan di atas itu, lagi cerita ttg homosapiens2 lain di contact-list YM saya. dan untuk menambah informasi buat mas, contact-list di YM saya bukan cuma namanya mas aja, kok. di situ ada juga cinta pertama saya waktu esde, ada mantan pacar saya yang pertama pas jaman esema, cewek yang ninggalin saya waktu kuliah semester 4, sampai dengan sodara sepupu saya yang gendut banget itu juga ada di contact-list saya.

    jgn terlalu dimasukkan ke hati, ah, mas. sungguh mati itu bukan tentang njenengan :mrgreen:

    3. Kukasih th hal yang privacy kok malah km umbar2 didepan org bny gni(ttg ms lalu&agama yang kuyakini).Kok skrg aku jadi mikir,trnyata km ini t emg bnr2 g pny etika ya?

    blog saya adalah catatan pribadi saya yang kebetulan saya ijinkan orang lain untuk mengaksesnya. saya nggak punya etika? mas masuk ke ‘rumah’ saya dan bertanya ke saya. jadi kalo ada orang yang kebetulan di ‘rumah’ saya yang ngeliat, wah, ya itu konsekuensi yang nyamperin saya donk?

    saya nganggapnya, apapun yang berkaitan dengan akses ke saya secara pribadi, sepenuhnya itu menjadi hak saya. terserah saya memperlakukannya bagaimana, kan? sms, telepon, email, blog, chat, dan apapun yang mengandung identitas saya artinya adalah milik saya. bagaimana saya memenejnya, wew, itu suka2 saya, donk ๐Ÿ˜‰

    tp itu gpp.
    Itโ€™s show who you are.

    tentu saja. ini memang the satrianto show, kok. ketika masuk ke sini, yang ada adalah show tunggal saya. kalopun saya melibatkan temen2 saya, yakinlah mereka itu cuma sekedar pemeran pembantu. jadi, ya kalo main2 ke tempat saya, jangan mengharapkan ada atraksi dari ledhek munyuk yang lain yang bukan saya sebagai munyuknya ๐Ÿ˜†

    Ah,,skrg trserah aja.
    TOh itu urusanmu.

    dari awal memang urusan saya, kan? wong segala postingan saya di sini sifatnya subyektif, kok ๐Ÿ˜‰

    Mksh.

    sama2

    via blog ini aku malah bikin sensasi.
    ho3x..

    oh, ndak papa. sepanjang porsi tampilnya tidak lebih padat ketimbang porsi saya, saya selalu mengijinkan, kok :mrgreen:

    Mak-nya Naila:::
    wew…sebenernya di halaman ‘about’ ada kontak saya kok, mbak. tapi ya nanti saya kirim imel ke mbak

  • chiw |

    owala… itu temenmu jugak toh Joe?
    *masih mangkel dengan kejadian kapan hari dengan nick orang yang sama ๐Ÿ˜ก *

  • Yang Punya Diary |

    hooo??? temennya imuz mungkin. aku sih blm pernah kenalan sama dia. kalo istilahnya difo – yang aku dapet dari chat sama dia barusan – datang2 ribut, diskusi ndak jelas, lalu pergi karena “ndak mau ribut” ๐Ÿ˜€

  • yudi |

    saya juga sering dikafirkan gara2 menganggap ada dewa lain bernama kaka hehe ๐Ÿ˜†

  • alexยฎ |

    Ahmadiyah?

    Entahlah, Joe. Bahkan ketika saya mencoba objektif pun, tetap saja – diluar perkara rujukan kitab – Ahmadiyah itu ndak bisa masuk ke akal saya…

    Bukan perkara dogma atau bukan dogma. Lebih ke apa yang saya pernah pelajari dan yang ditawarkan oleh mereka itu yang bentrok.. Itu saja.

    Cuma, saya ndak suka ribut saja perkara ini. Kecuali terpaksa karena diserang duluan :mrgreen:

  • Yang Punya Diary |

    farid yuniar:::
    ada log chat sama jawara ilmiah liafebuoy, wekekeke!

    yudi:::
    tentu saja ente kafir. dewa itu bernama fernando torres dan rumah ibadahnya adalah anfield stadium ๐Ÿ˜›

    alexยฎ:::
    saya juga ndak suka nyari perkara. makanya saya cuma bisa cengengesan aja waktu buka link webnya muhammadiyah dan baca2 komen di situ. ada aja alasan buat mentungin orang ๐Ÿ˜†

    calonorangtenarsedunia:::
    ha? apa? ha?
    kamu juga, kan! wakakakaka

  • fahmi |

    OOT dikit..
    pendapat gw aja, tp kyknya si emg sebaiknya log chat g usah d copas bgitu.
    ato klo emg ada yg perlu di copas, lbh enak kl ID-nya di sensor aja..gt
    hm, just my humble opinion.
    .fahmi.

  • Yang Punya Diary |

    banyak yang nyaranin disensor gitu, sih. cuma kalo buat saya entah kenapa saya malah ngerasa kalo hal itu bakal membuat nilai kontroversinya jadi berkurang. ah, saya memang bejat, ya? ๐Ÿ˜ˆ

  • lambrtz |

    > dewa itu bernama fernando torres
    > dan rumah ibadahnya adalah anfield stadium

    kamu yang kafir joe.
    dewa itu namanya alex ferguson. malaikat tertinggi namanya gabriel batistuta. tempat ibadah yang bener cuma 2 : old trafford & artemio franchi. perjalanan religi yang sah itu cuma ke manchester atau firenze. selain itu sesat!

    (aduh…mripatku diculek wong akeh!)
    *peace*

  • septo |

    asyong.. dowo.. mocone sekilas2… mgko ning omah diterusne, saiki sing penting komen sik.. heheheh..

    pertanda saia berkunjung ke “rumah” mas joe.. heheheh..

  • tamie |

    hihi.. iya juga sih. biar gmn juga hadist harus jd pegangan umat islam juga.
    soal ahmadiyah, kalo emang mirza dibilang imam mahdi/nabi isa yg turun diakhir zaman untuk melawan dazal, kok blom kiamat mirza dah meninggal y?
    kenapa gak diadain debat terbuka antara fpi dan ahmadiyah aja sih, trus disiarin di tv2. jd tinggal masyarakat tuh yg milih mana yg benar.. =)

    nb. salam kenal!

  • odiboni |

    Saya baru tahu bahwa ternyata agama bisa dinodai.

    Selama ini saya kira kesucian dan kemuliaan Nabi tidaklah berkurang sedikitpun meski sebagian orang berkeyakinan bahwa ada Nabi lagi setelah Nabi Muhammad SAW.

    Menurut saya, keyakinan, spiritualitas adalah urusan pribadi tiap individu, perjalanan setiap mahluk untuk kembali pada kesucian.

    Bagaimana hendak mengukur spiritualitas orang lain? Apakah ia sesuatu yang bisa diukur? Dari โ€˜ritualโ€™ kah? Oh ya dia sholat di mesjid, dia muslim. Dia ke gereja hari minggu pagi maka dia Nasrani.
    Kalaupun spiritualitas bisa diukur, mengapa kita ingin mengukur kadar spiritualitas orang lain? Mengklaim kebenaran dan menyatakan yang lain sesat.

    Entahlah, menurut saya, hanya Tuhan pemilik kebenaran yang absolute.

    Jika orang-orang Ahmadiyah meyakini bahwa ada nabi setelah Nabi Muhammad, ya itulah keyakinan mereka.

    Dunia ini kan permainan-Nya saja yah?
    Suka-suka Dia lah. Mau ada nabi lagi atau tidak, ya terserah Dia saja ๐Ÿ™‚

  • odiboni |

    arko_java (5:39:43 PM): Dia lah yang akan menjaga kemurnian alquran

    Saya paling suka bagian yang ini ๐Ÿ™‚

    Bagaimana jika ayat ini direkayasa demi kepentingan penguasa saat itu misalnya?

    *baca2 lagi ah soal sejarah mushaf2 itu

  • Yang Punya Diary |

    lambrtz:::
    pertanda anda benar2 berada dalam suatu kesesatan yang nyata :mrgreen:

    septo:::
    yayaya, silakan…

    tamie:::
    salam kenal juga.
    biar gimana, mas arko juga nganggap hadist itu nggak penting, sih ๐Ÿ˜€

    odiboni:::
    saya juga beranggapan, walopun misalnya Dia bilang ke umat Islam kalo agama yang diridhoi-Nya itu cuma Islam, maka apa lantas dia itu nggak boleh punya rahasia – sesuatu yang disembunyikan-Nya – dari umat Islam?

    suka2 Dia aja, ah. wong Dia yang bikin kita. sejauh ini saya cuma menjalani apa yang saya yakini membuat saya nyaman, hehehehe

  • mia |

    Wakakakakakakakakakak… Si Mas Arko-ne kok ngamuk ngono thowh…??? Hwehehehehehe…

  • Yang Punya Diary |

    sssttt…
    mas arko itu ndak ngamuk, kok. dia cuma keganggu aja jam belajarnya buat ujian jadi kesita gara2 perdebatan – yang diciptakannya sendiri dan disebutnya konyol – sama aku, mir ๐Ÿ˜†

  • JustCallMe |

    Isa fa innahu Rokhulloh wa kalimatuh (Isa itu Roh Allah dan firman Allah)

    Inna mal massihuIsa ‘bnu mariam Rasulullohi wal kalimattuh (sesungguhnya Isa Almasih, anak mariam itu utusan ALLAH DAN FIRMAN ALLAH)
    SURAT AN ISA 171
    +
    Isa ‘bnu mariam wa jihan fidunia wa akhirul wa minal mukho Rokhim (Isa itu terkemuka didunia dan di akhirat dan paling dekat dengan Tuhan)

  • aibnu |

    QS Al’ Maidah 17:
    ” Sesungguhnya telah kafirlah orang-orang yang berkata: “Sesungguhnya Allah itu ialah Al Masih putera Maryam”. Katakanlah: “Maka siapakah (gerangan) yang dapat menghalang-halangi kehendak Allah, jika Dia hendak membinasakan Al Masih putera Maryam itu beserta ibunya dan seluruh orang-orang yang berada di bumi kesemuanya?”. Kepunyaan Allahlah kerajaan langit dan bumi dan apa yang ada diantara keduanya; Dia menciptakan apa yang dikehendaki-Nya. Dan Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu.

    Ini Buktinya :(BACA YG CETAK HURUF BESAR )

    Qs Alโ€™Maidah 110 :
    Ketika Allah mengatakan โ€œ Hai Isa putra Maryam ingatlah nikmat Ku kepadamu dan kepada ibumu diwaktu Aku menguatkan kamu dengan ruhul qudus . Kamu dapat berbicara dengan manusia sewaktu masih dalam buaian dan sesudah dewasa dan diwaktu Aku mengajarkan kamu menulis hikmah, Taurat dan Injil dan di waktu kamu membentuk dari tanah yang berupa burung dengan izin Ku , lalu kamu meniup padanya , lalu bentuk itu menjadi burung (* Pen : MUKZIZAT HAL PENCITAAN BURUNG INI TAK ADA DALAM INJIL SAAT INI ), waktu kamu menyembuhkan orang yang buta sejak lahirnya dan orang yang berpenyakit sopak dengan seizin Ku dan diwaktu kamu mengeluarkan orang mati dari dalam kubur โ€.

    Ali โ€˜Imran ayat 49 :
    Dan (Isa as. sebagai) Rasul kepada Bani Israil (berkata): “Sesungguhnya aku telah datang kepadamu dengan membawa sesuatu tanda (mukjizat) dari Tuhanmu, yaitu aku membuat untuk kamu dari tanah berbentuk burung; kemudian aku meniupnya, maka ia menjadi seekor burung dengan seizin Allah (* Pen : MUKZIZAT HAL PENCITAAN BURUNG INI TAK ADA DALAM INJIL SAAT INI ); dan aku menyembuhkan orang yang buta sejak dari lahirnya dan orang yang berpenyakit sopak; dan aku menghidupkan orang mati dengan seizin Allah; dan aku kabarkan kepadamu apa yang kamu makan dan apa yang kamu simpan di rumahmu. Sesungguhnya pada yang demikian itu adalah suatu tanda (kebenaranku) bagimu, jika kamu sungguh-sungguh beriman โ€œ.

  • aibnu |

    Silahkan cari di Web,…kalau ada posting disini…ok
    Piye kabare mass…sing sabar yo !!

  • aibnu |

    Ass…..
    HADIS
    ======

    1. Dan Tokoh pembawa hadis seperti Abu Hurairah (yang dahulu penulis kagumi karena ketidak tahuan , dan masih kurang membaca buku ) yang sebenarnya amat dikeritik oleh banyak cendikiawan muslim dan disangsikan kebenaran dari banyak hadisnya . Sungguh dipertanyakan jika jumlah hadis yang dibawakan sendiri saja oleh Abu Hurairah itu jumlahnya lebih banyak jika dibandingkan dengan kumpulan hadis2 yang dibawakan putri nabi ditambah 4 kalifah โ€“ nya . Bahkan dikatakan kalau ia (Abu Huarirah) membuat hadis beberapa untuk menyenangkan kelompok muslim tertentu ( Muawiyah )
    Sumber buku :” Shakhifah Awal Perselisishan Antara Umat ” โ€“O. Hashem .

    2. Oleh sebab itu kita sebaiknya berpegang pada hadis :
    ” Setelah sepeninggalanku kalian pasti akan bertengkar tentang aku, oleh sebab itu cocokanlah , mana yang cocok dengan Al Quran itu pasti dari ku dan mana yang tidak itu pasti bukan dari ku “.

    3.Pendapat Ibnu Chaldun (Dalam buku Mukadimah):
    โ€ Saya tak percaya akan kebenaran sanad (urut2 an penceritaan hadis yang menunjang kesahihannya ) dan juga tidak percaya akan kata2 seorang sahabat terpelajar โ€ฆyang bertentangan dengan al Quran , sekalipun ada orang yang memperkuatnya. Beberapa pembawa hadis dipercayai karena keadaan lahiriahnya yang mengelabuhi , sedangkan batinya tidak baik. Kalau sumber2 ini dikeritik dari segi matn (teks ) , begitu juga dari segi sanadnya, tentu akan banyak sanad2 itu akan gugur oleh matn . Orang sudah mengatakan bahwa tanda2 hadis madzu (palsu) itu adalah bertentangan dengan kenyataan al Quran atau akidah2nya yang telah ditentukan oleh hukum Agama (syariat) atau dibuktikan oleh Aqal atau panca indra dan ketentuan axioma lainnya โ€œ.

    Wass…

    Sing sabar yo mas…

  • milham |

    @ibnu
    1. Dan Tokoh pembawa hadis seperti Abu Hurairah (yang dahulu penulis kagumi karena ketidak tahuan , dan masih kurang membaca buku ) yang sebenarnya amat dikeritik oleh banyak cendikiawan muslim dan disangsikan kebenaran dari banyak hadisnya .

    Mas, maaf ya… kalo soal yang laen mas mungkin benar, tapi soal ini gak lah yau… tidak setuju saiya…

    Abu hurairah itu periwayat hadits yang paling banyak. dan sebagian diriwayatkan bukhari muslim. Kalo ada celaan karena haditsnya palsu, mungkin saja (Sekali lagi mungkin saja) ada orang yang berbohong atas nama beliau.
    Mau tau kisah Abu hurairah?
    Abuhuraiha berkata:
    “…Aku adalah orang miskin yang melayani Rasulullah saw. agar aku dapat mengisi perutku. Orang-orang Muhajirin sibuk melakukan transaksi jual beli di pasar dan orang-orang Ansar sibuk dengan usaha mengembangkan harta mereka. Lalu Rasulullah saw. bersabda: Barang siapa yang membentangkan pakaiannya, maka dia tidak akan lupa sedikitpun apa yang dia dengar dariku. Aku lalu membentangkan pakaianku sampai beliau menyelesaikan hadistnya. Kemudian aku mendekap pakaian itu sehingga aku tidak pernah lupa sesuatu yang aku pernah dengar dari beliau” (HR Bukhari)

    Saya memang bukan manusia yang sempurna, banyak kesalahan, banyak ketidaktahuan. Tapi saya mencoba menahan diri dari mencela orang yang jauh lebih baik dari saya (seperti para senior ๐Ÿ˜€ ).

    =======================================
    2. Oleh sebab itu kita sebaiknya berpegang pada hadis :
    โ€ Setelah sepeninggalanku kalian pasti akan bertengkar tentang aku, oleh sebab itu cocokanlah , mana yang cocok dengan Al Quran itu pasti dari ku dan mana yang tidak itu pasti bukan dari ku โ€œ.
    ———————————–
    Ada hadits yang kurang lebih pengertiannnya sama, tapi anda tampaknya tidak benar-benar merujuk kepada terjemahan yang standar ๐Ÿ™ .
    tolong jangan remehkan ini.
    Saya akan anda seperti saya yang mencintai dan beramal dalam agama ini. Tolong diperhatikan untuk menyertakan dari siapa hadits tersebut dan siapa yang meriwayatkannya. Ini salah satu cara kita melestarikan ajaran islam.
    =========================================
    ========================================
    3.Pendapat Ibnu Chaldun (Dalam buku Mukadimah):
    โ€ Saya tak percaya akan kebenaran sanad (urut2 an penceritaan hadis yang menunjang kesahihannya ) dan juga tidak percaya akan kata2 seorang sahabat terpelajar โ€ฆyang bertentangan dengan al Quran , sekalipun ada orang yang memperkuatnya. Beberapa pembawa hadis dipercayai karena keadaan lahiriahnya yang mengelabuhi , sedangkan batinya tidak baik. Kalau sumber2 ini dikeritik dari segi matn (teks ) , begitu juga dari segi sanadnya, tentu akan banyak sanad2 itu akan gugur oleh matn . Orang sudah mengatakan bahwa tanda2 hadis madzu (palsu) itu adalah bertentangan dengan kenyataan al Quran atau akidah2nya yang telah ditentukan oleh hukum Agama (syariat) atau dibuktikan oleh Aqal atau panca indra dan ketentuan axioma lainnya โ€œ.
    ———————————————-
    Mungkin seperti itu ya pendapat Ibnu chaldun. Nah, masalahnya kalo hadist itu riwayat bukhari muslim, yang jelas2 uda shahih (walaupun diriwayatkan Abu Hurairah) harus kita ambil donk? Masalahnya tidak ada orang yang mengatakan.
    Saya tidak ingin mengatakan Ibnu khaldun salah, tapi ingat kapasitas beliau bukanlah ahli hadits. Baliau lebih dikenal menonjol dalam ilmu pengetahuan, jadi sebaiknya kita merujuk kepada yang lebih kompeten.
    =========================================
    @ yangpunyadiary
    Nice posting mas joe, *Sekali lagi mengakui.
    Terus berjuang membela islam…
    begitu kan mas joe??

So, what do you think?