Gatotkaca-Srikandi?

Dari toko online tukang jualan kaos buat pasangan

gatotkaca sama srikandi

Errr…bukannya mau pamer-pamer apalan wayang gagrag Jawa yang terlanjur ketanam di otakku, sih. Tapi Gatotkaca dengan Srikandi? Yang bener aja?

Istri resminya Gatotkaca itu Pergiwa. Pergiwa itu anaknya Arjuna. Terus Srikandi itu salah satu dari sekian banyak istrinya Arjuna. Jadi meskipun Pergiwa itu bukan anaknya Arjuna dari Srikandi, apa iya Gatotkaca bakal nekad menggumuli wayang perempuan yang keitung sebagai ibu mertuanya? Apalagi ditambah fakta kalo Arjuna sendiri aslinya adalah oomnya Gatotkaca? Meskipun cuma bisa mati sama senjata Kuntawijayadanu-nya Adipati Karna, lha ya apa Gatotkaca sudah siap tersakiti sama panah Pasopati punya pakliknya sendiri? :mrgreen:

Yeah, mungkin aja, sih… Dengan catatan dalangnya lagi nggak kepengen ngikutin pakem yang ada 😆

Facebook comments:

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

  1. kayane keliru sm Arjuna deh….
    ato sengaja keliru?
    ato yang mbuat memang nggak ngerti dunia pewayangan dan asal comot dua tokoh terkenal, yang penting jantan – betina trus dibikin kaos kopel?
    sungguh terlalu….

  2. Landhes:::
    apa boleh buat, ndhes…
    jikalau ada kekeliruan pada hal yang kita senangi, tentunya kita bakal terusik. ya tho?

    dim:::
    sepertinya aku cenderung setuju untuk curiga sama kesimpulan keduamu, dim :mrgreen:

  3. Iya Joe…apalagi mertuanya Gatot Kaca itu kan Dewi Manuhara….salah satu istrinya Arjuna (istri ke 9), ibunya Pergiwa
    yang namanya saya catut
    hahaha

  4. morishige:::
    jangan. yang bikin bukan orang malaysia kok 😛

    riza_kasela:::
    desainer kaosnya yang memaksa mas gatot buat membabibuta, nyahahaha

    faisal dwiyana:::
    kamu boleh bikin nurmahysa, sal. dulu biasa ta’sambung jadi nurmahysatrianto. tapi jangang, ding. daripada semua pihak yang terlibat nanti dihajar sama laki2 yang skrg jadi suami resminya 😆

    landhes:::
    saya memang dipaksa maklum sama keadaan, ndes. sepertinya proyek saya buat bikin web semacam wikipedianya wayang harus segera direalisasi. si ucup sama pepe memang payah. beliau berdua malah alasan mau nggarap skripsi dulu kemarin 8)

  5. lah… dulu temenku ada yang bilang kalo Srikandi itu jelmaan alias samaran dari Arjuna. Dia pernah menyamar jadi bencong dengan nama Srikandi menjadi guru tari dan kesenian.

    buka maning kitab’e Joe..
    sing ‘sahih’ sing endi yoo..?

  6. kalo manut gagrag india, srikandi itu dulunya cewek – anaknya drupada – yang akhirnya jadi laki-laki. konon dewata mengatur demikian karena takdirnya srikandi bakal ngalahin bisma di baratayudha. dan gara2 dewata menghargai amalan bisma di dunia, maka bakal sangat merendahkan bisma kalo dia sampai kalah sama perempuan. karena itu akhirnya srikandi berubah jadi laki2.

    srikandi malah ceritanya punya istri sendiri, plus nggak mungkin adu pedang2an sama arjuna.

    kalo tentang guru tari, itu cerita waktu pandawa ngungsi di wirata dalam rangka menjalani hukuman buang diri 13 tahun. pandawa nyamar jadi rakyat jelata dan mengabdi ke wirata. di situ arjuna kebetulan memang nyamar jadi bencong yang ngajarin kesenian dengan nama kendi wrehatnala.

    jadinya kalo manut gagrag jawa, masalah arjuna jadi bencong itu bener. salahnya temen ente cuma pas bagian nama samarannya arjuna :mrgreen:

  7. waktu ospek di kampus dulu, temanya adalah perwayangan…
    para mahasiswa dipanggil satria dan para mahasiswi dipanggil srikandi…
    itu juga salah kaprah kah?

  8. yudi:::
    kunti aman, kul. dia kan ndak terlalu ngetop di sini 😛

    Zhoya:::
    ahahaha, masalah, dunk. situ nggak kebayang efeknya buat pandawa kalo arjuna-gatotkaca sampe berantem, sih 😆

    jensen99:::
    anu…mungkin kalo nggambar sharivan, desainernya agak males. terlalu ribet, soale…

    Felicia:::
    errrr…sejujurnya iya. saya ndak pernah nemu tokoh wayang yang namanya satria. satria itu kata sifat, soale :mrgreen:

    tapi gara2 ameliorasi-peyorasi, srikandi kayaknya mengalami perluasan makna sebagai istilah buat cewek jagoan 😀