Manten Muda

September 16, 2011 – 6:16 pm

Setting: lagi mecah celengan gambar Transformers punyaku dan mendapatkan harta sebesar Rp. 1.316.100 sehabis Lebaran di rumah Babah di Jakarta coret alias Ciputat.

Pelakon: Mamakku, adikku, dan tentu saja aku.

Pas lagi ngitung duit entah kenapa pembicaraan jadi melenceng ke masalah sumbangan amplop yang diterima adikku pas dia nikah tahun lalu. Mamak tau-tau berujar, tentang beberapa amplop kosong yang diterima pas mantenan adikku.

Adikku nambahin, “Ada juga yang cuma ngasih 2 ribu. Paling-paling itu model penyusup mantenan kayak kamu dulu.”

Aku nyengir. Teringat masa muda pas jaman mahasiswa di mana dulu aku lumayan aktif saban malam Minggu nyari gedung mantenan yang bisa disinggahi, menyamar jadi tamu, bermodal amplop berisi duit seribu, demi makan gratis sepuasnya.

Obrolan berlanjut. Masih seputar sumbangan mantenan. Kata adikku, “Mantenan di sini aja. Makanya cari istri orang Jakarta (bah, ini, sih, kode dari adikku biar aku balikan sama mantan calon kakak ipar favoritnya, -red.), biar amplop sumbangannya nggak kayak di Jokja.”

“Memangnya di sini berapa standar sumbangan manten?” tanyaku.

“Sekitar 150 sampai 200 ribu. Kalo di Jokja paling-paling cuma 50 ribu, kan?”

Alhasil aku jadi bersyukur. Bersyukur tetap berstatus single sampai sekarang.

Kenapa aku bersyukur?

Aku bersyukur karena teman-teman kuliahku banyak yang sekarang merantau ke Jakarta dan mulai sukses di sana. Coba saja aku nikahnya sudah dari dulu-dulu begitu lulus kuliah, atau pas masih mahasiswa dengan gadis Purbalingga, saat teman-temanku masih sama-sama jadi mahasiswa kere, pastilah amplop sumbangan mereka didapat dari hasil urunan 5 ribu per orang πŸ˜†

Dengan begini bolehlah aku berharap kalo besok aku nikah, teman-temanku yang kuundang bakal menyumbang Rp. 200.000 per orang :mrgreen:

Inilah untungnya ndak manten muda? Ahe, silakan disimpulkan sendiri saja ya πŸ˜‰ Yang jelas sekarang aku punya tambahan argumen lagi kalo besok ditanya-tanya (lagi) kapan mau nikah: “Nunggu teman-teman saya jadi orang sukses dulu, Pakdhe, Budhe, Oom, Tante…”


Facebook comments:

  1. 15 Responses to “Manten Muda”

  2. pemikiran yang hebat bung joe …

    By paris on Sep 16, 2011

  3. seperti binasa, eh biasa…saya memang sensasional 😈

    By Yang Punya Diary on Sep 16, 2011

  4. Tapi kan manten muda bagus supaya tidak menjadi fitnah, Mas Joe…semoga dilancarkan… *kabur*

    By lambrtz on Sep 16, 2011

  5. hahahahah…. bener juga tuh joe… :p

    By kudzi on Sep 16, 2011

  6. hahaha asyem, iso wae arek iki. aku melu2 caramu iki lah =))

    By antobilang on Sep 16, 2011

  7. alesyan… padahal belum ada yang mau…
    *melipir*

    By itikkecil on Sep 17, 2011

  8. Euh, ngomong-ngomong dulu juga pernah berniat menyusup mantenan. Ndilalah belum pernah sempat kelakon.
    Jadi, ini salah satu dorongan untuk tidak nikah muda ya? Boleh boleh…

    By tiyokpras on Sep 17, 2011

  9. Wow, tips ini sangat bermanfaat :)).

    Tapi itu celengan apa safety box sih, isinya jutaan :D.

    By Cahya on Sep 18, 2011

  10. lambrtz:::
    saya sudah biasa difitnah dan juga dianjingkan 😈

    kudzi:::
    silakan alasannya dipake, dan jangan lupa bayar royalti ke saya

    antobilang:::
    bisa dimengerti…bisa dimengerti nek sampeyan πŸ˜†

    itikkecil:::
    ih ih ih, kok gitu sih?

    tiyokpras:::
    ooo…tidak…
    anda boleh nikah muda kalo sudah kaya, biar ndak ngarep sumbangan dalam jumlah besar lagi. atau, anda boleh nikah muda kalo teman-teman anda sudah kaya, biar sumbangan mantennya banyak juga πŸ˜€

    Cahya:::
    selain recehan logam, setiap punya uang 20 ribuan selalu saya masukkan ke situ, oom. blas ndak pernah saya pake jajan. jadinya ya bisa sebesar itu pula hasilnya πŸ™‚

    By Yang Punya Diary on Sep 18, 2011

  11. *mengangguk setuju sama komen itikecil*
    padahal ya ngga ada yang mau juga kamu ajak nikah toh?
    πŸ˜›

    *kabur*

    By Chic on Sep 19, 2011

  12. bukan gak ada yang mau.. tapi yg mau, udah di bawa kabur ma oknum, entah itu anak elektro, entah yg lebih mapan :p xixixi

    By aphip_uhuy on Sep 19, 2011

  13. Chic:::
    lamalama ta’nikahin juga kalian semua satu-persatu 😐

    aphip_uhuy:::
    minggat, phep!

    By Yang Punya Diary on Sep 19, 2011

  14. alasan yang menarik mas….lumayan, kalau temen2nya sukses, habis nikah bisa DP mobil/rumah

    By Prima on Sep 22, 2011

  15. numpangbeken disini um :p

    mampir yaks e http://vocland.com

    suwun

    By http://vocland.com on Oct 10, 2011

  1. 1 Trackback(s)

  2. Sep 16, 2011: Manten Muda « The Satrianto Show!

Post a Comment