Mereka Beruntung Punya Muka Mirip Mukaku

Sudah pernah nyoba situs MyHeritage? Di situs itu, kalo kita majang foto kita, nanti foto kita itu bakal di-generate buat dicocok-cocokkan muka kita itu mirip mukanya orang ngetop jenis mana, gitu. Nah, kapan hari itu aku sempat nyobain situs “ngasal” itu dan mendapatkan bahwa mukaku mirip dengan selebritis berikut:

Beuh, padahal kecuali River Phoenix, aku ngerasanya tampangku nggak ada mirip-miripnya dengan 3 orang lainnya. Zainuddin Zidane mungkin bolehlah dibilang mirip aku kalo dilihat dari teknik individunya kala bermain-main dengan bola sepak. Tapi kalo dari tampangnya, jelas rasanya aku ini ndak mirip sama Zainuddin M.Z., aeh, Zainuddin Zidane itu.

Dan bicara tentang mirip-miripan, aku pikir, apa yang dibilang sama komputer boleh jadi cuma ngarang-ngarang aja. Bagaimana tidak, lha wong algoritmanya situs itu, kan, cuma menganalisa mukaku dari 1 sudut aja. Dia nggak pernah ketemu aku dan menatap wajahku lekat-lekat, ya jelas yang kayak gitu itu bisa dibilang sebagai ngawur-ngawuran aja, walaupun ide milik programmer-nya tetap saja patut diacungi lebih dari 4 jempol! Dalam perkara mirip-miripan aku jauh lebih percaya sama yang diomongin manusia hidup ketimbang omongan sebuah aplikasi buatan manusia.

Jadi selain 4 orang di atas, beberapa orang di sekitarku, jaman dulu, pernah bilang kalo ada beberapa orang ngetop lainnya yang tampangnya mirip aku. Jelas aja aku agak syok! Sulit banget menerima kenyataan kalo ada orang lain yang sampe segitu bela-belain mempermak wajahnya supaya mirip aku. Rasanya pasti aneh, kan, kalo kita tahu gaya orisinil versi kita mendadak dijiplak oleh orang lain? Dalam hati, kita pasti misuh-misuh, kok orang itu nggak kreatif banget, sih? Kok tega-teganya njiplak gaya kita?

(Mbak Titiw juga sempat mengeluhkan hal sama denganku itu)

Nah, beberapa orang yang kampret sekaligus beruntung karena dibilang mirip aku itu kutunjukin aja spesies-spesiesnya di bawah ini:

Yang pertama, Youri Djorkaeff

Ini kompatriotnya Zainuddin Zidane di tim nasional Prancis yang semasa jaman keemasan mereka berdua Prancis dikenal memiliki dobel-pleimeker. Djorkaeff ngetop lebih dulu waktu Euro 96, sedangkan Zidane mengkilap pas World Cup 98. Kerja sama mereka berdua masih berakhir manis sewaktu Prancis menggondol titel juara Euro 2000.

Yang pertama kali bilang kalo Djorkaeff mirip aku itu Dik Ganggas, adik sepupuku, waktu dia lagi hobi-hobinya nonton sepakbola pas World Cup 98 (sekarang dia lebih hobi pacaran). Sehabis ngeliat Djorkaeff untuk pertama kalinya, dia langsung ngasih laporan ke aku kalo ada pemain bola yang mirip aku.

Tahun 98 itu aku juga baru-barunya jadi murid Smansa Denpasar. Dan di komplotanku, anak-anak Smansa, yang hobi main sepakbola saban sore di lapangan Renon, segera saja sebutan sebagai Djorkaeff itu beredar. Padahal, sungguh mati, aku lebih suka kalo gaya permainanku – dalam skala yang lebih kecil – diidentikkan dengan Roberto Baggio. Marthana, teman sebangkuku waktu kelas 2 esema yang lulusan I-Te-Be itu, malah hobi banget nggambar karikatur wajahku dari samping kalo dia lagi bosen ndengerin ocehannya guru fisika, sambil bagian lidahnya dibikin kayak lidah ular mengingat “The Snake” adalah julukannya Youri Djorkaeff.

Orang beruntung yang kedua, Attila Syach

(Mohon maaf, gara-gara nggak nemu gambarnya Attila, jadi kupajang saja gambar mantan istrinya)

Attila itu mantan suaminya Wulan Guritno. Yang bilang makhluk ini mirip aku itu Dik Dewi, adik sepupuku juga, waktu dia masih hobi nonton Attila di sinetron “Dulung”. Pas jaman itu aku memang lagi suka nenteng-nenteng kamera Nikon atau Pentax versi SLR kemana-mana hampir tiap hari. Sampe-sampe di sekolah, cewek-cewek pada histeris tiap ketemu aku. Mereka minta dijepret sambil masang gaya macam-macam.

Huehehe, dasar gadis-gadis polos yang belum ngerti marabahayanya dunia. Padahal bisa aja, kan, foto mereka itu kubikin jadi format digital via scanner terus kuutak-atik sedemikian-rupa pake Photoshop supaya nantinya dianalisa sama pakar *.jpeg telematika kita yang super hebat itu. Hi, Roy! :mrgreen:

Ngomong-ngomong tentang mantan istrinya Attila Syach, temenku di kampus, Sympati, malah bilang kalo mukanya Wulan Guritno itu mirip sama mukanya Javier Zanetti, bek kanannya Internazionale sekaligus timnas Argentina rikolo jaman semono.

Manusia kampret ketiga, Raffi Ahmad

Lagi-lagi adik sepupuku yang ngomong. Kali ini Dik Raras. Tiap ketemu aku dia pasti ngomong, “Ayo, Mas, nyanyi! Once upon a time…” Kampret!

Tapi sebenernya bukan dia, sih, yang ngomong pertama kali, walaupun memang dia yang ngomong langsung untuk pertama kalinya ke aku. Jauh-jauh hari sebelumnya, temen-temen kampusnya adik kandungku, si Gothiet, pernah ngerasani aku via adikku. Mungkin mereka takut kalo aku bakal ngamuk begitu tahu ada manusia lain yang mempermak wajahnya supaya mirip aku.

Yang terakhir, Jun Matsumoto

Ini yang ngomong si Winda gara-gara pas itu lagi ngetrennya dorama “Boys Over Flower”. Kemudian temen sekampusku yang lain, terutama yang cewek-cewek pada ikutan bilang kayak gitu. Bahkan si Budi Bejo ternyata akhirnya juga ketauan kalo dia hobi nonton sinetron Jepang gara-gara dia ikutan bilang kalo Jun itu mirip aku.

Perkembangan selanjutnya, Jun Matsumoto mendadak jadi ngetop di kos-kosannya Yoan. Cewek-cewek di situ mendadak jadi rajin nonton film seri yang dibintanginya itu gara-gara ada yang ngomong dan pengen membuktikan kalo ada bintang film Jepang yang mukanya mirip mukaku.

Ya begitulah. Mungkin tampangku memang cocok untuk terjun ke industri hiburan. Tapi tenang saja, pembaca. Aku tetap bakal selektif dalam memilih jenis hiburan yang akan kuterjuni. Aku ndak mau kalo disuruh-suruh buat main sinetron yang ada adegan manusia berantem lawan monster hasil efek 3D (yang tekniknya nanggung nggak kayak 3D-nya Disney’s), habis itu tahu-tahu nyanyi lagu dangdut yang ada teks karaokenya, make setting di daerah antah-berantah tapi plat nomer kendaraannya kok masih B, atau juga dapat lawan main yang antara peran ibu dan anak gadisnya umur pemainnya sepantaran.

Jangan cemas! Aku bakal menolak kalo harus main sinetron macam begitu :mrgreen:


Facebook comments:

54 Comments

  • Retorika aka Jaian |

    @ Suneo

    Astaghfirullah …
    antum tidak sadar … bahwa melihat wajah antum saja sudah merupakan bid’ah berat πŸ‘Ώ

    apalagi meniru niru wajah orang lain … eh mirip Youri Djorkaeff ya ? … πŸ˜€

  • cK |

    jadi inget waktu saya bilang ke rizma kalau kamu itu kayak si jun matsu. rizma langsung menangis nggak rela.. πŸ˜† πŸ˜†

  • dhez |

    MatsuJun??

    *natep.ngebandingin sm si Jun*

    aah putihan si Jun :mrgreen:

    Raffi Ahmad yah miriplaa..hehe πŸ˜†

    *ditimpuk*

  • chriz |

    heee?? postingan narses lagi. heuheuheu…

    saya setuju yang bagian… mm… gak ada yang patut disetujui sih mas :mrgreen:

    kapan maen sinetron?

  • fertob |

    yah, mereka memang beruntung. tapi lebih beruntung lagi kalau mereka nggak ngeblog. ntar ada yang bakal jadi saingan… πŸ˜†

  • vcrack |

    semuanya nggak ada mirip2nya menurutku. kecuali yg Jun Matsumoto. itu lumayan, tapi aku malah jadi kasihan joe, ama Jun Matsumoto

  • toim |

    koq kmu dimiripin ama attila marah sih? setidaknya kan mirip2 ama mantan-nya wulan gurita, eh guritno πŸ˜›

  • galihyonk |

    hoHOho…
    hiburan sing muanteb mas Joe..
    aku wis njajal..
    marai kepingkel-pingkel pokok-e..
    heHEhe.. πŸ˜€

  • Yang Punya Diary |

    cK:::
    saya juga ndak rela, chik. tampang saya yang indo-melayu kan jauh lebih eksotis

    dhez:::
    hooooo???
    item itu yang bikin lebih eksotis, lho. raffi? ah, dia aja yang nggak kreatif πŸ˜›

    chriz:::
    bagaimana kalo layar lebar saja? dari dulu pengen membintangi sebuah film kolosal sebagai tokoh (yang keliatan) bejat 😈

    fertob:::
    makanya saya menolak main sinetron, mas. takut padatnya jadwal syuting malah menganggu kegiatan blogwalking saya πŸ˜†

    Kiki Ahmadi:::
    narsis? kapan?

    vcrack:::
    tentu saja! skrg seluruh dunia jadi tau kalo dia cuma niru2 gayaku πŸ˜›

    toim:::
    masalahnya, sampe skrg saya belum pernah menikmati wulan guritno 😈

    galihyonk:::
    mbok diposting sana πŸ™‚

    tukangkopi:::
    apa? apa? ngikut2 aja…

  • lambrtz |

    jujur aja joe, waktu aku liat fotonya, ya kerasa mirip juga ma kamu :D. ga tau ya kalo yg attila syah.

    dulu pernah ikutan yg ky gini, katanya mukaku mirip michael jordan sama fernando alonso :))

  • kimbul |

    -becanda mode on-

    Wah bener mas!! Wajah sampeyan memang mirip.. mirip panci. Wakakakakakk… πŸ˜€

    -becanda mode off-

  • tiyok |

    “sinetron yang ada adegan manusia berantem lawan monster hasil efek 3D (yang tekniknya nanggung nggak kayak 3D-nya Disney’s), habis itu tahu-tahu nyanyi lagu dangdut yang ada teks karaokenya, make setting di daerah antah-berantah tapi plat nomer kendaraannya kok masih B, atau juga dapat lawan main yang antara peran ibu dan anak gadisnya umur pemainnya sepantaran.”

    Baca Kompas Minggu, Benny & Mice to?

  • ades |

    “..Aku ndak mau kalo disuruh-suruh buat main sinetron yang ada adegan manusia berantem lawan monster hasil efek 3D (yang tekniknya nanggung nggak kayak 3D-nya Disney’s), habis itu tahu-tahu nyanyi lagu dangdut yang ada teks karaokenya, make setting di daerah antah-berantah tapi plat nomer kendaraannya kok masih B, atau juga dapat lawan main yang antara peran ibu dan anak gadisnya umur pemainnya sepantaran.”

    iki mesti sinetron yang biasa tayang di salah satu setasiyun tipi suwasta itu, indosiyar (bukan nama sebenarnya-Red)

  • abeeayang™ |

    Mungkin tampangku memang cocok untuk terjun ke industri hiburan.

    lha…sampeyan nggak ngerasa kalok sampeyan inih mirip penghibur? :mrgreen:
    kalok sampeyan dibilang mirip Jun Matsumoto itu fitnah πŸ‘Ώ
    *tampar saja semua nyang fitnah* πŸ‘Ώ
    lha wong sampeyan inih cuman mirip rambutnyah doank kok :mrgreen:

  • pakDe |

    kalo dilihat sepintas sih, algoritmanya cuman ngelihat dari posisi muka ama cara monyongin mulut :)) jadi sekedar nyari gambar2 didatabase yg mirip2 dgn posisi RAI-mu

  • AradBukanKeparat |

    “Aku ndak mau kalo disuruh-suruh buat main sinetron yang ada adegan manusia berantem lawan monster hasil efek 3D (yang tekniknya nanggung nggak kayak 3D-nya Disney’s), habis itu tahu-tahu nyanyi lagu dangdut yang ada teks karaokenya, make setting di daerah antah-berantah tapi plat nomer kendaraannya kok masih B, atau juga dapat lawan main yang antara peran ibu dan anak gadisnya umur pemainnya sepantaran.”

    Bos ambil dari kompas y? karunnya Benny n Mice y… tumben ente nyadur… -TwoHornModeOn-

  • titov |

    memang jeniyus tenan komputere Jo, bisa sakses mencocokkan dirimu dengan makhluk2 diatas. Prosentase kebenarannya lumayan, Youri Djorkaeff 84%, Attila 77%, Rapi Amat 69%, dan … Junce Matsuce 99%, mantaf! πŸ˜†

  • Yang Punya Diary |

    detnot:::
    jelas sial. karena begitu saya terjun ke panggung hiburan, nama2 mereka bakal terlibas πŸ˜›

    lambrtz:::
    heh? mekel jordan – fernando alonso? bisa gitu? ngebayangin gabungannya bakal kayak apa mukany…
    ah, ya…kayak kamu, kakakaka!

    Mrs. Yusuf:::
    mau. asal zaskia atau dian ikutan main juga. trus sutradaranya harus minimalnya martin scorserse πŸ˜†

    yudi:::
    ndak puas. aku kan lebih ganteng

    adhijogja, maxbreaker, Indra, nuha85:::
    narsis? sekali lagi, kapan saya narsis?

    kimbul:::
    hah? sekarang ada juga produsen panci yang bikin produknya terinspirasi sama aku???
    *geleng2 nggak habis pikir*

    Sugeng Rianto:::
    yang mana fitnahnya, geng? πŸ˜›

    tiyok, AradBukanKeparat:::
    jelas! mana mungkin orang seperti saya melewatkan koran dengan oplah terbesar di indonesia. rasanya sulit dipercaya, kan, kalo saya lebih suka baca koran meteor, poskota, atau lipstick πŸ˜‰

    dianna:::
    hohoho, makasih, mbak. blog yang kemarin cukup rumit buat saya soale, hehehe

    The Sandalian:::
    innalillahi wa inna ilaihi raji’un. pak harto sudah mangkat, dab

    almascatie:::
    tentunya cukup sampai saya akhirnya memutuskan terjun ke panggung hiburan

    ades:::
    iya, yang bener indosiar πŸ˜€
    ati2 lho, mas, kalo nanti ketemu sama penggemar JAV kayak mas ini dan mas itu

    denbagus:::
    opo yan?

    abeeayangβ„’:::
    lhooo…kalo rambut, saya malah ngerasanya mirip nick rhodes-nya duran2 pas 80an atau simon le bon

    iQbaL:::
    tentu saja masih tanda tanya. apalagi kalo nanti saya bener2 jadi main film. mereka bakal misuh2 karena nggak pernah akan laku lagi :mrgreen:

    pakDe:::
    betul! repot kalo pakde juga mirip saya. kebanyakan diuber2 cewek itu rasanya nggak nyaman, lho

    chiw:::
    maaf, tim redaksi kami sejak dulu berkomitmen cuma bakal menyajikan fakta

    titov:::
    alhamdulillah, saya tetap lebih tampan
    :mrgreen:

    maruria:::
    ampun, mbak…
    jangan menyakiti hati saya lagi… 😈

    babhichu:::
    heh? postingan ini khusus membahas makhluk hidup saja πŸ˜›

  • septo |

    wah kalo saya setuju ama commentnya mas babhichu!!!
    mbok coba disurvei dari berapa peng-comment, siapa yang setuju masnya mirip SUNEO????

    wkwkwkwkwk πŸ˜€

  • yanworks |

    Joe, nek algoritma kui menatapmu lekat2 trus suruh ngeluarin outputnya, pasti halaman yang keluar 500 (Internal Server Error)
    Masalahe, ra kuat karo kegantenganmnu, kyakyakya…

  • rakka |

    mirip jun matsumoto,,py rambutnya doank..
    hehe,, peace ^_-

  • yoan |

    kamu cocok main pilm transformer, dari charger hp berubah jadi robot, nah kamu charger hp nya.

So, what do you think?