Browsing posts in: Njajal-njajal

Hanoman the Ultimate Warrior: Sebuah Pertunjukan Luar Biasa…

…buat orang awam.

Bicara tentang drama musikal, sesungguhnya aku tiadalah pernah menonton pagelaran teater dengan format drama musikal. Pentas teater yang biasa kutonton ya yang umum-umum saja, yang nggak pake acara pelakonnya nyanyi-nyanyi di panggung. Itu pun kebanyakan aku nontonnya cuma gara-gara ada temenku yang kebetulan jadi aktornya, seperti misalnya si Gentho yang memang aktif jadi aktor teater via komunitas teaternya yang berjudul La Gientis. Continue Reading


Fall of James Bond

poster film skyfall

Seperti yang sudah pernah ta’sebutkan pada naskah pidatoku sebelumnya, sudah sejak lama Mas Ganteng ini jadi penggemarnya Jampes Bon (baca: James Bond, geblek!), mungkin sejak akhir dekade 80-an, Dab. Betul, waktu itu aku masih terlalu muda buat jadi penggemarnya Bond. Memang rasanya nggak pantes buat anak kecil seusiaku pada waktu itu menonton polah James Bond yang selalu dikelilingi wanita cantik dari mana-mana (bukan cuma dari India, karena kalau cuma dari India, itu berarti bukan wanita cantik, tapi boneka cantik…dari India, boleh dilirik, tak boleh dibawa). Betapa sungguh merusak moralnya apabila seorang anak kecil disuguhi adegan zina di depan matanya. Karena itu – kalian semua jangan khawatir – selain jadi penggemar James Bond, aku juga mencoba menyeimbangkan diri dengan jadi penggemarnya Kura-kura Ninja. Biar otak beta tiada cuma terisi dengan wanita, tapi juga pizza. Continue Reading


By Royal Command

Kalau ditanya, apa film bioskop yang pertama kali kutonton dalam hidupku? Lalu bila pertanyaanku itu dilanjutkan dengan wanti-wanti dari temanku ke teman ceweknya, “Hati-hati sama si Joe. Lebih baik jangan. Dia itu pleboi,” maka salahkan saja babahku!

Lha, kok, gitu? Continue Reading


Lebarkan Sayapmu Luaskan Hatimu

Sidang pembaca semua, baik yang terhormat, kurang terhormat, maupun tiada terhormat, mohon maaf beribu maaf apabila beberapa tempo ini saban sampeyan nyasar ke blog ini tidak ada tulisan-rada-panjang yang relatif baru. Bukan apa-apa, duhai sidang pembaca semua, ini semua gara-gara beberapa tempo belakangan ini akunya sendiri selaku pemilik blog sedang berada dalam pergulatan batin yang sangat berat. Saking beratnya, Adis, adikku yang paling gemuk itu, berat badannya juga sampe kalah, lho. Continue Reading


Petunjuk untuk Generasi Nunduk

Tentu, setiap orang biasanya berpendapat bahwa generasinya adalah yang terhebat. Sindrom macam beginian jamak terjadi di mana-mana. Di kampusku, misalnya, juga sering kejadian beberapa sejawat ngeluh tentang kinerja adik kelasnya di organisasi mahasiswa yang digelutinya. Dalam beberapa kesempatan di sebuah warung kopi nan romantis (tapi buluk) aku sering sekali dapat curhat dari mereka, “Wah, Mas, cah-cah angkatan 20XX ini gimana ya cara ngasih taunya? Kerjaan, kok, banyak nggak becusnya. Nggak kayak jaman saya dulu.” Continue Reading


Al Islam dan Jurnalisme Sampah

Waktu esema dulu aku sempat ikut macam-macam ekstra kurikuler yang untuk lebih singkatnya ta’sebut sebagai ekskul aja. Yah, namanya saja anak muda yang saat itu sedang menderita approval junkie, akunya ikut macam-macam ekskul itu – apa boleh buat – hanya gara-gara 1 macam alasan dominan saja: biar ngetop di sekolah, karena ngetop di sekolah kupikir bakal banyak untungnya.

Salah satu keuntungan yang kuincar adalah kekebalan diplomatik. Dengan aktif di berbagai ekskul dan kesempatan mewakili sekolah di ajang lomba-lombaan, baik tingkat kodya ataupun propinsi, aku bebas dari omelan guru-guruku di sekolah. Mau datang ke sekolah tidak saat bel masuk berbunyi pun akunya dalam posisi aman-aman saja. Misalnya saja, aku tidak jarang baru datang ke sekolah jam 07.30 (aslinya, sih, jam 07.00 akunya sudah harus ada di kelas) yang tentu saja dihadang guru piket di dekat gerbang sekolah. “Anindito, kenapa kamu baru datang jam segini?” tanya Pak Loper yang wakil kepsek urusan kesiswaan yang kebetulan dapat jatah piket hari itu. Continue Reading



Sherlock Holmes Jadi 2

sherlock holmes versi guy ritchie

Minggu kemarin akhirnya aku kesampean juga nonton sekuelnya Sherlock Holmes yang “A Game of Shadow” di bioskop. Aslinya ini sudah telat banget mengingat si Holmes sudah ditayangin di bioskop dari tahun kemarin. Alhasil pas nonton di bioskop kemarin itu aku nggak bisa nonton rame-rame barengan sama anak-anak tukang nyambangin bioskop lainnya berhubung mereka sudah pada nonton duluan. Continue Reading


Cara Benar Beli Properti Tanpa Uang Tanpa Bohong

Gara-gara di toko buku jaman sekarang ini banyak beredar buku-buku cara beli properti tanpa duit, akhirnya aku terusik juga. Terusiknya, sih, bukan terusik pengen beli. Soalnya dari awal aku juga sudah curiga kalau buku-buku macam itu sebenarnya berisi syarat dan ketentuan lebih lanjut yang harus dipenuhi sama pembacanya kalau kepengen gampang punya rumah. Continue Reading


“Tanda Tanya”, Pluralisme, dan Kontroversinya

Akhirnya aku nulis juga tentang film ini, film yang menurut beberapa orang kontroversial. Dan karena sebutan sebagai film yang kontroversial itulah akhirnya aku memutuskan buat nonton ini film. Dan lagi, sayang sekali, sodara-sodara…kata “beberapa” di atas itu akhirnya memang cuma benar-benar beberapa. Aku sendiri menolak menyebut film ini kontroversial. Karena apa? Karena sesuatu yang kontroversial itu – menurutku – seharusnya bisa meninggalkan kesan yang – entah iti positif atau negatif sekalian – yang mendalam buat mayoritas penontonnya. Film ini justru sebaliknya, kataku. Jelek, sih, bukan. Hanya saja, yah…biasa-biasa ajalah. Continue Reading


Ikutan Latah: Edisi YearBookYourself.com

Anak-anak di kampus punya hobi baru!

Jadi, langsung saja ta’kasih tau, anak-anak di kampus sekarang lagi pada hobi bikin foto-foto jadul via YearBookYourself.com. Di situ kita bisa bikin foto dan mejeng dengan gaya-gaya jaman dulu. Caranya, cukup aplot foto muka kita, pilih gaya edisi tahun berapa, atur komposisi warnanya, dan…jadi, maka jadilah dia!

Dan tentu saja mainan macam begini layak buat kujajal. Maka lihatlah wajah tampanku di bawah ini, duhai sodara-sodaraku sekalian… Continue Reading